Jaringan Listrik Pintar Huawei Tingkatkan Efisiensi Energi

Ethiopia Day dan Huawei Electric Power Summit 2015 diselenggarakan di ibukota Ethiopia, Addis Ababa  

ADDIS ABABA, Ethiopia, 29 Oktober 2015 (Antara/PRNewswire) -- Huawei, bersama dengan Kementerian Air, Irigasi, dan Energi Listrik Ethiopia, menyelenggarakan Ethiopia Day dan Huawei Electric Power Summit 2015 dengan mengusung tema "Jaringan Listrik Terhubung yang Lebih Baik, Wujudkan Efisiensi Energi yang Lebih Besar" pada tanggal 28 Oktober di Addis Ababa, Ethiopia.

 

Sebagai salah satu event kunci di ajang Majelis Eksekutif Energi Dunia dan Konferensi Pemimpin Energi Dunia 2015 yang digelar oleh Dewan Energi Dunia (WEC), event ini mengumpulkan banyak pakar dan pelaku industri energi dari berbagai perusahaan listrik dunia untuk bersama-sama mendiskusikan beragam tren dan isu industri terkini. Topik-topik diskusi meliputi perbaikan efisiensi konversi energi baru, pengurangan kehilangan jaringan pada transmisi jarak jauh, dan penggunaan TIK, sensor, pengukuran, dan teknologi pengendali untuk meningkatkan efisiensi operasi dan manajemen perusahaan-perusahaan listrik.

 

President Energy Industry, Enterprise Business Group Huawei, Jerry Ji, turut menyampaikan pidato kuncinya di event ini. Dia mengatakan, "Meningkatkan efisiensi energi di seluruh proses, yang mencakup pembangkit, transmisi, distribusi, dan konsumsi listrik telah menjadi tujuan bersama bagi perusahaan listrik di seluruh dunia. Dengan Smart Grid Solution dari Huawei yang berbasis infrastruktur TIK yang inovatif, perusahaan-perusahaan tersebut dapat membangun jaringan listrik yang aman, handal, ramah lingkungan, dan berkesinambungan guna meningkatkan efisiensi energi dan operasional." Dia kemudian menyatakan kontribusi dari jaringan mitra berperan penting bagi lanskap industri ini seiring Huawei terus berupaya wujudkan jaringan listrik pintar terhubung yang mengadopsi arsitektur terbuka. Dia juga mengatakan, "Sejalan dengan prinsip infrastruktur TIK yang berorientasi bisnis (BDII), Huawei berkomitmen untuk membangun rantai jaringan listrik pintar dengan berfokus pada infrastruktur TIK dan mengimplementasikan strategi "terintegrasi"-nya. Dengan ini, Huawei sepenuhnya bekerjasama dengan para mitranya di sektor teknologi, piranti keras dan lunak, dan layanan untuk mendorong terwujudnya inovasi bersama, sehingga pada akhirnya dapat membantu para konsumen di industri listrik meraih kesuksesan bisnis."

 

Institusi nasional yang bertanggung jawab menghasilkan dan memasok listrik di Ethiopia, Ethiopian Electric Power (EEP) menetapkan strategi pembangunan jangka panjang guna memperbesar pasokan listrik tenaga air di negara itu, menambah sumber energi dalam jaringan yang sudah ada, dan meningkatkan digitalisasi jaringannya. Mengomentari pengembangan tenaga listrik, Mr. Mekuria Lemma, Head of Strategy and Investment EEP berkata, "Ethiopia sarat sumber daya energi alam. Namun, listrik tenaga air, surya dan angin saat ini baru mencakup kurang dari lima persen total energi yang dihasilkan negara tersebut. Kami percaya bahwa sumber-sumber daya alam ini akan turut mendukung pengembangan tenaga listrik di negara kami."

 

Pada Konferensi ini, Huawei memperlihatkan solusi jaringan listrik pintar yang terkoneksi sepenuhnya (Fully-connected Smart Grid) dalam ikhtisar operasi korporat maupun operasi listrik. Demonstrasi pembangkit, transmisi, transformasi, distribusi, dan konsumsi listrik bertujuan untuk menunjukkan bagaimana infrastruktur ICT yang inovatif membantu perusahaan listrik membangun jaringan listrik aman, handal, ramah lingkungan, dan berkesinambungan yang meningkatkan energi dan efisiensi operasionalnya. Huawei juga memperlihatkan Solusi Advanced Metering Infrastructure (AMI) mutakhirnya yang memberikan sistem manajemen pelanggan yang dirancang dengan baik guna membantu perusahaan listrik memperbaiki efisiensi operasional. Solusi AMI memanfaatkan komunikasi Hi-Power Line Carrier (PLC), gateway dan platform Internet of Things (IoT) demi mendukung banyak koneksi terminal cerdas, instalasi yang mudah, serta kompatibilitas dan adaptabilitas berbagai terminal cerdas.

 

Dalam industri tenaga listrik, Huawei melayani lebih dari 160 perusahaan listrik di seluruh dunia, yang meliputi lebih dari 100.000 substation. Solusi AMI Huawei membantu perusahaan Listrik Afrika menyelesaikan pembayaran listrik real-time, yang sebelumnya memakan waktu dua hingga tiga bulan. Di Thailand, Solusi Power Transmission and Transformation Huawei membantu Provincial Electricity Authority (PEA) membangun jaringan komunikasi berkecepatan tinggi guna memfasilitasi pembangunan jaringan listrik pintar. Solusi Smart PV Plant Huawei juga membantu pembangkit listrik fotovoltaik (PV) berkapasitas 20 MW di Trowbridge, Inggris meningkatkan hasil listrik sambil memperbaiki efisiensi operasional dan manajemennya. Di Tiongkok, Huawei bekerja sama dengan China Southern Power Grid (CSG) untuk membangun jaringan distribusi listrik pintar nirkabel ultra-broadband eLTE-nya dengan latensi milidetik guna mendukung kebutuhan komunikasi berbagai layanan seperti telemetering, pensinyalan jarak jauh, pengendali jarak jauh, pengawasan video dan layanan multi-media trunking yang memerlukan bandwidth tinggi.

 

Tentang Huawei

 

Huawei adalah penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi (ICT) global terkemuka. Kami bertujuan membangun dunia yang terhubung dengan baik, menjadi warga korporat yang bertanggung jawab, memungkinkan masyarakat informasi, dan ikut berkontribusi terhadap industri. Didorong oleh inovasi yang mengutamakan pelanggan dan kemitraan terbuka, Huawei telah mengukuhkan portfolio solusi ICT menyeluruh yang memberi pelanggan keuntungan kompetitif dalam telekomunikasi serta jaringan perusahaan, perangkat dan cloud computing. Ke-170.000 karyawan Huawei di seluruh dunia berkomitmen memaksimalkan nilai bagi operator telekomunikasi, perusahaan dan konsumen.

 

Silakan kunjungi Huawei online di www.huawei.com atau follow kami di:

 

http://www.linkedin.com/company/Huawei

http://www.twitter.com/Huawei

http://www.facebook.com/Huawei

http://www.google.com/+Huawei

http://www.youtube.com/Huawei

Pewarta: prwir
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar