Jambi (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memberi santunan stok makanan kepada masyarakat korban asap yaitu Suku Anak Dalam di Bukit Dua Belas dan Desa Air Hitam, Sarolangun, Jambi.

"Setelah ditinjau mereka adalah korban asap kebakaran hutan dan lahan, membutuhkan stok makanan," kata Mensos Khofifiah di Jambi, Jumat.

Khofifah sebagai perwakilan dari pemerintah menyantuni Suku Anak Dalam berupa makanan dan uang tunai. Untuk bantuan dana, ia harapkan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan pokok Suku Anak Dalam.

Dalam kunjungan itu, Mensos juga mengunjungi lembaga swadaya masyarakat Warsi yang mengelola pemberdayaan Suku Anak Dalam di Bukit Dua Belas.

Khofifah mengatakan sebagian Anak Rimba itu mendiami hutan yang terbakar sehingga harus berpindah lokasi tinggal menepi dari tengah hutan. Sementara itu, Suku Anak Dalam ini merupakan masyarakat yang terpapar asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Sumatera.

Selain mengunjungi Anak Rimba, Mensos juga mengunjungi sejumlah fasilitas publik seperti sekolah, Puskesmas dan fasilitas darurat untuk korban asap di Sarolangun.

Kegiatan Mensos ini merupakan bagian dari kegiatan Presiden Joko Widodo yang mengunjungi sejumlah titik yang terdampak asap kebakaran, termasuk Samolagun.

Tercatat penduduk di wilayah ini sebanyak 1.738 jiwa dengan 257 kepala keluarga. Sementara Suku Anak Dalam yang sudah menetap di Bukit Dua Belas ada 24 rumah yang dihuni sekitar 300 jiwa. 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015