Jakarta (ANTARA News) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyelenggarakan kembali salat Istisqa di Masjid Istiqlal untuk memohon agar hujan segera turun setelah negara dilanda kekeringan selama dua bulan terakhir.

"Salat Istisqa ini telah diselenggarakan 11 September lalu di Masjid Istiqlal. Ini kali kedua atas inisiatif Pak Jusuf Kalla," kata Lukman dalam sambutannya sebelum salat dilaksanakan di pelataran Masjid Istiqlal, Minggu pagi.

Lukman mengatakan bahwa Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta masyarakat menyelenggarakan kembali salat Istisqa meskipun di beberapa tempat sudah mulai turun hujan yang sifatnya tidak tentu.

Selain itu, Menteri dari partai PPP ini mengajak masyarakat untuk bertobat dan terus selalu berikhtiar dengan segala usaha yang dimiliki dalam mengatasi bencana kekeringan dan kabut asap luar biasa yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

"Di beberapa tempat terjadi kebakaran asap yang luar biasa yang tidak hanya mengganggu aktivitas kesehatan, tetapi juga mengancam keselamatan jiwa," kata Lukman.

Kementerian Agama pun telah mengimbau Kantor Wilayah Kemenag dan Kantor Kabupaten Kemenag serta seluruh madrasah untuk menunaikan salat Istisqa.

Sekitar 15.000 orang melaksanakan salat Istisqa yang dipimpin oleh Imam Besar Masjid Istiqlal sekaligus Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Hasanudin Sinaga serta khatib oleh Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) K.H. Maruf Amin.

Selain Menteri Agama, sejumlah pimpinan negara lainnya, seperti Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Kepala Bappenas Sofyan Djalil turut melaksanakan salat Istiska di Masjid Istiqlal.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015