Pembangunan ini untuk memotivasi supaya para petani lebih produktif."
Manokwari (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan, Provinsi Papua Barat, membangun pasar khusus hasil pertanian di wilayah yang bermanfaat memicu hasil panen petaninya, kata Kepala Bagian Perekonomian Daerah Sekretariat Daerah Kabupaten Manokwari Selatan, Bondan.

"Pembangunan ini sekaligus untuk memacu pertumbuhan ekonomi mikro dari sektor perdagangan dan pertanian," ujarnya, saat dihubungi dibuhungi dari Manokwari, Minggu.

Pembangunan pasar di lokasi Pasar Sore itu diperkirakan selesai pada akhir Desember 2015.

"Pasar Sore selama ini dipadati para petani yang menjual hasil pertanian mereka. Pembangunan ini untuk memotivasi supaya para petani lebih produktif," katanya.

Pada program pembangunan itu, Pemerintah Manokwari Selatan juga menyiapkan 84 meja utama yang dapat dimanfaatkan para perani.

Pembangunan pasar tersebut, dikemukakannya, memanfaatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Menokwari Selatan tahun anggaran 2015.

Gedung pasar akan dibangun dengan menggunakan konstruksi baja ringan di lahan seluas 399 hektare di wilayah Distrik Ransiki.

Penjabat Bupati Manokwari Selatan, Lazarus Indou, sebelumnya menyampaikan bahwa Pemerintah Manokwari Selatan berencana membuka 1.000 hektare lahan untuk meningkatkan produksi padi, kedelai, ubi jalar, ubi kayu, palawija dan sayur.

"Kami berupaya agar perluasan lahan dapat dilakukan tahun 2016 dengan memanfaatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2016," ujarnya.

Manokwari Selatan disebutnya akan berupaya maksimal, agar dalam tiga tahun dapat mewujudkan swasembada pangan.

"Seperti beras, misalnya, kami berupaya agar Manokwari Selatan tidak mendatangkan beras dari daerah lain. Sebaliknya, kami akan berupaya agar kabupaten ini menjadi salah satu daerah pemasok beras di wilayah provinsi Papua Barat," demikian Lazarus Indou.

Pewarta: Toyiban
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015