London (ANTARA News) - Wakil Menteri Pertahanan Swedia, Jan Salestrand, menilai bahwa Indonesia mitra utama Swedia di kawasan Asia dan senang melihat kerja sama bilateral kedua negara yang semakin menguat dan modern, khususnya di bidang pertahanan dan industri pertahanannya.

Hal itu diungkapkan Jan Salestrand saat menjadi tamu kehormatan Tumpengan Resepsi Diplomatik Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Stockholm, Swedia, seperti dikutip Koordinator Resepsi/Sekretaris Kedua KBRI Swedia, Ira Mamesah, kepada ANTARA News di London, Minggu.

Selama ini kerja sama di bidang pertahanan di antara Kerajaan Swedia dengan RI terjalin, antara lain diwujudkan perusahaan SAAB Swedia dengan Perusahaan Industri TNI Angkatan Darat (Pindad) untuk sistem pertahanan darat maupun udara, serta kerja sama pendidikan Swedia dengan Universitas Pertahanan (Unhan) RI.

Ira mengemukakan, resepsi diplomatik itu dihadiri lebih dari 400 tamu di Concert Hall Stockholm, yang dikenal sebagai lokasi penyerahan Anugerah Nobel, dimeriahkan tumpengan nasi kuning.

Resepsi diplomatik bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda itu diselenggarakan Duta Besar RI untuk Kerajaan Swedia merangkap Republik Latvia, Dewa Made Sastrawan.

Dubes Sastrawan juga mengemukakan bahwa resepsi tersebut merupakan syukuran hari ulang tahun ke-70 Republik Indonesia, Sumpah Pemuda 1928 dan Peringatan 63 tahun hubungan bilateral RI dengan Kerajaan Swedia.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015