Jakarta (ANTARA News) - Bulan lalu, Windows 10 dilaporkan telah diadopsi di 110 juta perangkat, kini Microsoft mencatat tingkat adopsi naik melampaui angka 120 juta perangkat.

Hal tersebut tidak mengejutkan. Windows 10 ditawarkan sebagai upgrade gratis, bahkan pembaruan otomatis, untuk pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 yang mendorong jumlah adopsi.

Dikutip dari GSM Arena, NetMarketShare mengungkapkan bahwa Windows 10 saat ini memiliki pangsa pasar sekitar 7,94 persen untuk desktop.

Angka tersebut merupakan prestasi tersendiri bagi Windows 10 mengingat sistem operasi terbaru Microsoft itu baru dirilis pada Juli lalu.

Pangsa pasar Windows 10 masih jauh di bawah pendahulu-pendahulunya, antara lain Windows 7 dengan 55,71 persen, Windows 8.1 sebesar 10,68 persen, dan Windows XP sebanyak 11,68 persen.

Meski secara keseluruhan jumlah perangkat yang mengadopsi Windows 10 meningkat, angkat tersebut dilaporkan melambat secara signifikan.

Perlu diperhatikan bahwa angka pengguna Windows 8.1 tetap stabil. Hal itu, menunjukkan bahwa kepuasan terhadap platform yang lebih tua masih sangat baik.

Terlepas dari itu, Windows 10 masih memiliki jalan panjang untuk menegaskan posisinya di ranah Microsoft.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015