Jakarta (ANTARA News) - Ketimbang berolahraga namun tak teratur dan dalam intensitas berat, spesialis ortopedi lebih menyarankan orang melakukan peregangan ringan demi mencegah osteoarthritis (OA) atau nyeri sendi.

"Latihan sederhana wajib dilakukan. Peregangan ringan yang bisa dilakukan di mana saja, misalnya di kantor," ujar spesialis ortopedi dan traumatologi dari Rumah Sakit Jakarta Andrian W. Tarigan di Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan, berolahraga berat justru bisa memicu munculnya OA.

"Meningkatnya tekanan pada titik (sendi) tertentu bisa menjadi penyebab OA," kata dia.

Selain pembebanan berat, kejadian OA juga bisa muncul akibat daerah sendi rusak misalnya karena cedera, selain menipiskan sekat sendi, yakni jaringan elastis atau tulang rawan pelapis ujung tulang persendian.

OA adalah penyakit di mana penderita nyeri hingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Adrian mengungkapkan, jika orang sudah menderita OA, ia akan akan mengalami keadaan never ending story  karena hingga kini belum ada pengobatan yang mampu menyembuhkan.

"Manajemen penanganan yang dapat dilakukan mulai dari pemberian obat hingga operasi ditujukan agar OA tidak semakin parah dan penderitanya dapat kembali aktif berkegiatan seperti biasanya," tutup dia.


Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015