Jakarta (ANTARA News) - Travel blogger Indonesia, Kenny Santana berbagi tips saat melancong seorang diri.

"Hal paling utama saat bepergian seorang diri adalah jangan takut! Karena kalau kita kebanyakan mikir dan khawatir karena harus berjalan sendirian, kapan berangkatnya? Mengumpulkan teman untuk diajak travelling biasanya suka lama, jadi lebih baik travelling sendiri saja," kata Kenny dalam dalam acara konferensi pers Taiwan External Trade Development (TAITRA) di Kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis.

Setelah memantapkan hati untuk berangkat melancong sendiri, selanjutnya adalah melakukan riset yang menyeluruh dengan menggunakan gadget yang ada.

"Maksimalkan smartphone kita untuk merencanakan itinerary yang baik. Pastikan kita menginap di tempat yang  aman dan bepergian di lokasi-lokasi yang aman pula. Kalau sudah berani dan didukung dengan gadget maka itu bisa mempermudah sekali," katanya.

Kenny juga mengatakan agar pelancong solo lebih memanfaatkan gadget. "Jangan lupa download aplikasi untuk terjemahan bahasa, itu akan sangat memudahkan. Kalau khawatir tidak bisa foto-foto karena tidak ada yang memotret maka pakai gadget seperti camera action saja."

Kenny yang merupakan penggagas akun media sosial yang membahas soal travelling @KartuPos itu mengingatkan bebebrapa tempat plesir yang tidak dikunjungi oleh para pelancong wanita seorang diri.

"Kalau ke India sebaiknya sama teman saja deh karena di sana itu stress dan kalau berdua kan stress-nya bisa dibagi dua. Apalagi faktor keamanannya di sana itu agak rawan kalau untuk wanita," kata dia.

Akun Twitter @KartuPos telah diikuti oleh sekitar 66 ribu lebih sejak tiga tahun diluncurkan.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015