Surabaya (ANTARA News) - Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Rasiyo dan Lucy Kurniasari membuat program pembangunan kawasan pinggiran jika nanti terpilih dengan memberikan bantuan Rp500 juta setiap Rukun Warga (RW) di Kota Pahlawan.

"Kita berikan kreasi dan inovasi di setiap RW karena permasalahan di masing-masing RW berbeda. Kita beri kepercayaan kepada RW untuk menggunakan bantuan tersebut untuk pembangunan di tiap RT," kata Cawali Rasiyo di Surabaya, Sabtu.

Menurut dia, sesuai visi dan misi pasangan calon Rasiyo-Lucy yang diusung Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN) adalah membangun Surabaya dari pinggiran.

"Pemerataan pembangunan dari pinggir itu perlu. Ini karena saya melihat masih banyak kawasan pinggiran yang kondisinya memprihatinkan. Kalau tidak percaya ajak saya keliling di pinggiran seperti Rungkut dan lainya," ujarnya.

Hal-hal yang akan dilakukan jika terpilih di Pilkada Surabaya 2015 pada 9 Desember, lanjut dia, adalah membangun tidak infrastruktur tapi juga memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) warga Surabaya salah satunya dengan memperkuat iman dan takwa.

"Pendidikan agama adalah hal penting untuk membentuk karakter kepribadian seseorang. Ini yang saya tekankan nanti," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya membantu keuangan untuk pembentukan koperasi di masing-masing RW. "Tentunya ini akan melibatkan para ibu," katanya.

Rasiyo juga memberikan kemudahan bgi warga untuk berobat di puskesmas atau rumah sakit di Surabaya. "Jadi tidak perlu ribet, yang penting punya KTP (kartu tanda penduduk) warga Surabaya bisa berobat di mana pun. Kami juga menyiapkan mobil keliling untuk warga yang membutuhkan pertolongan dengan cepat," katanya.

Hal sama juga dikatakan Cawawali Lucy Kurniasari. Ia mengatakan pihaknya akan merangkul semua pihak untuk membangun Surabaya menjadi lebih baik.

"Tentunya banyak program yang pro masyarakat yang akan kami buat. Kami berharap bantuan semua pihak agar hal ini terealisasi," ujarnya.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015