Pontianak (ANTARA News) - Raja Sanggau Pangeran Ratu Suryanegara Gusti Arman siap menyerahkan satu ekor anak orangutan yang sudah dipeliharanya sekitar tiga tahun ke Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Sintang.

"Saya sudah menghubungi orang BKSDA Sintang, untuk menyerahkan orangutan, dan infonya mereka dalam beberapa hari ke depannya akan menjemput orangutan yang saya pelihara itu," kata Pangeran Ratu Suryanegara Gusti Arman, saat dihubungi di Sanggau, Selasa.

Ia menjelaskan, hewan tersebut lebih pantas hidup dan berkembang di habitatnya.

"Kalau ditanya sayang, pastilah sayang, karena saya sudah lama memelihara dan menjaga kesehatan anak orangutan itu. Lihat saja tubuhnya gemuk dan terawat, tetapi alangkah baiknya hewan itu hidup di alam bebas," katanya.

Menurut dia, orangutan tersebut dipeliharanya atas pemberian seseorang yang ketika masuk hutan di wilayah Nanga Pinoh. Orangutan itu ditemukan terlantar ditinggal induknya.

Selama ini orangutan tersebut menempati kandang yang terbuat dari kayu berukuran 2x3 meter, dengan tinggi dua meter, berada di samping kiri Keraton Surya Negara Sanggau.

Pewarta: Andilala
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015