London (ANTARA News) - Joe Hart (Manchester City) dan David De Gea (Manchester United) tidak masuk dalam 10 penjaga gawang terbaik sampai pekan ke-12 Premier League musim kompetisi 2015/16.

Baik Hart maupun De Gea selama ini menuai banyak pujian dari publik sebagai penjaga gawang terbaik di Premier League.

Menurut data dari EA Sports Player Performance Index, yang merupakan indeks peringkat pemain yang resmi digunakan oleh Premier League, penjaga gawang mudah Stoke City, Jack Butland melakukan aksi penyelamatan terbaik selama musim kompetisi berlangsung.

Butland yang berusia 22 tahun itu turun di semua laga membela Stoke. Ia hanya turun dalam tiga laga di musim lalu. Penjaga gawang kelahiran Bristol, Inggris itu telah kebobolan 12 gol, dan rata-rata melakukan 4,17 aksi penyelamatan.

Pekan ini, ia menjadi penjaga gawang pertama yang mampu membuat 50 aksi penyelamatan, dan empat clean sheets, sebagaimana dikutip dari laman soccerlens.com.

Peringkat kedua ditempati penjaga gawang Sunderland, Costel Pantilimon yang bergelar penjaga gawang tersibuk di musim ini. Kiper berpaspor Rumania itu membuat 47 aksi penyelamatan selama musim ini.

Dari statistik itu, Butland diprediksi pantas menjadi penjaga gawang timnas Inggris di masa depan, meski Hart masih menjadi prioritas sampai gelaran Piala Eropa 2016.

Di bawah Pantilimon, berturut-turut Tim Howard (Everton), Petr Cech (Arsenal), Btad Guzan (Aston Villa), Boaz Myhill (West Bromwich Albion), Kasper Schmeichel (Leicester City), Haurelho Gomez (Watford), Lukasz Fabianski (Swansea City), Tim Krul (Newcastle United).

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015