Pariwisata Indonesia terus tumbuh tahun ke tahun

Pariwisata Indonesia terus tumbuh tahun ke tahun

Dua wisatawan bersepeda saat berkunjung di Kawasan Kota Tua, Jakarta, Kamis (6/3). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Jakarta (ANTARA News) - Perkembangan pariwisata Indonesia tercatat terus tumbuh berdasarkan kunjungan wisatawan dari tahun ke tahun dan pembangunan destinasi.

Berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata yang diolah Antara di Jakarta, Selasa, peningkatan terlihat dari kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 7,1 juta orang per September 2015.

Angka tersebut meningkat 3,53 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 6,9 juta wisatawan.

Peningkatan tersebut melanjutkan pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara di tahun 2014 sebesar 8,3 persen dengan kunjungan 6,4 juta wisatawan pada 2013.

Adapun target kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun 2015 sebanyak 10 juta pelancong.

Pada 2014, peningkatan kunjungan wisatawan dikarenakan banyaknya perhelatan festival musik, budaya, dan gelaran olahraga kelas internasional di Indonesia.

Sedangkan peningkatan pada 2015 dikarenakan deregulasi kebijakan Bebas Visa Kunjungan (BVK) untuk 90 negara kendati beberapa gelaran festival dan perlombaan olahraga dunia yang juga dihelat.

Berdasarkan catatan Indeks Daya Saing Pariwisata Indonesia dari World Economic Forum 2015 menempatkan Indonesia pada urutan 50 dari 141 negara dunia. Posisi tersebut meningkat dari 70 pada 2013 dan 74 pada 2011.

Peningkatan tersebut dinilai berdasarkan perbaikan infrastruktur dan fasilitas destinasi wisata, hingga kemudahan administrasi untuk mengunjungi Indonesia seperti penambahan negara BVK dan deregulasi peraturan kunjungan kapal pesiar ke perairan Indonesia.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Pariwisata Indonesia fokus membidik wisatawan domestik

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar