Jakarta (ANTARA News) - Aparat Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) membekuk sindikat jambret spesialis telepon selular.

Menurut polisi, snggota sindikat jambret yang terdiri atas Yaswaki Kurata alias Iyas (24) serta dua penadah bernama Joko Prayetno (26) dan Obi Mesa alias Obay menyasar perempuan-perempuan yang berjalan kaki.

"Pelaku menyasar wanita yang sedang jalan kaki pegang telepon selular," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Krishna Murti, Rabu.

Krishna mengungkapkan salah satu korban kejahatan mereka adalah seorang wartawati The Jakarta Post, yang dijambret Iyas di gang sempit dekat Pasar Palmerah, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (3/11) malam.

Tersangka Iyas mendekati sasaran dengan menumpang sepeda motor dan merebut telepon selular milik korban lalu menjual telepon selular hasil kejahatannya ke Joko Prayetno, yang kemudian dibeli oleh Obay.

Berdasarkan pengakuan tersangka, Iyas beroperasi di wilayah Meruya, Jakarta Barat, dan dalam sebulan terakhir telah 20 kali beraksi.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015