Jakarta (ANTARA News) - Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL) memberikan penganugerahan AMPL Award 2015 kepada para pahlawan sanitasi dan air minum baik dari kategori pemerintah maupun non pemerintah dalam Konferensi Air Minum dan Sanitasi Nasional (KSAN), Rabu.

"Mereka adalah para pahlawan sanitasi dan air minum dengan cara mereka masing-masing. Mereka secara tegas telah mencanangkan dirinya sebagai bagian dari solusi," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Sofyan Djalil, di Jakarta, Rabu.

Penghargaan AMPL Award untuk kategori pemerintah diberikan kepada pemerintah kabupaten/kota yang diusulkan oleh 13 propinsi dengan persentase peningkatan akses air minum terbaik dan 13 propinsi dengan persentase peningkatan akses sanitasi terbaik.

Penilaian juga dilakukan dengan melihat inovasi dan inisiatif yang telah dilakukan oleh kabupaten/kota tersebut.

AMPL Award merupakan rangkaian kegiatan KSAN. Konferensi tahun ini diselenggarakan dengan tema "Mencipta Masa Depan Sanitasi dan Air Minum" yang menghadirkan 17 inspirator untuk berbagi pengalaman mereka dalam melakukan pembangunan sanitasi dan air minum.

"Ada lebih dari 250 juta penduduk di Indonesia dan kami berharap akan muncul lebih banyak lagi pahlawan-pahlawan sanitasi dan air minum dari 250 juta penduduk itu. Semakin banyak muncul pahlawan sanitasi dan air minum, semakin cepat kita bisa mencapai universal access 2019," ujar Direktur Permukiman dan Perumahan Bappenas Nugroho Tri Utomo yang juga Ketua Pokja AMPL Nasional.

Berikut adalah penerima penghargaan AMPL Award 2015 Pemenang AMPL Award Tahun 2015.

Kategori Pemerintah Air Minum Penghargaan kepada Kota Bogor atas inisiatif Percepatan Layanan Air Minum Perpipaan.

Penghargaan kepada Kabupaten Pasaman atas inisiatif Pembangunan AMPL melalui Program Pemberdayaan Berbasis Nagari.

Penghargaan kepada Kota Lubuk Linggau atas Inisiatif Peningkatan Kualitas Layanan Air Minum yang Akuntabel Sanitasi.

Penghargaan kepada Kabupaten Malang atas Inovasi Peningkatan Layanan Persampahan Melalui TPST 3R Mandiri.

Penghargaan kepada Kota Banda Aceh atas Inovasi Layanan Pengangkutan Sampah Berbasis Website.

Penghargaan kepada Kabupaten Bangka atas Inisiatif Kemitraan Pembangunan Sanitasi.

Penghargaan Khusus kepada Provinsi Penghargaan kepada Provinsi Sumatera Barat atas Inisiatif Koordinasi Mewujudkan Askes Universal Air Minum dan Sanitasi.

Penghargaan kepada Provinsi Jawa barat atas Inisiatif Sinergi Pendanaan Percepatan Pembangunan Sanitasi Pemenang AMPL Award tahun 2015.

Kategori Non Pemerintah Komunitas Penghargaan kepada KPP SPBM-USRI Tangkilan Kabupaten Sleman atas Inovasi Layanan Sanitasi Terintegrasi.

Penghargaan kepada KSM An Nur Sumber Taman, Kota Probolinggo atas Inovasi Model Layanan Sanitasi Berbasis Pesantren Institusi.

Penghargaan kepada PD BPR Bank Jombang, Kabupaten Jombang atas Inovasi Model Pembiayaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Perbankan.

Penghargaan kepada HAKLI Kabupaten Sabu Raijua atas Inovasi Organisasi Profesi dalam Advokasi Pembangunan Air Minum dan Sanitasi.

Penghargaan kepada KKPP-UMKM Syariah Kabupaten Tangerang atas Inovasi Model Pembiayaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Koperasi.

Pewarta: Monalisa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015