Jakarta (ANTARA News) - Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, berambisi menjadi kabupaten pertama di Indonesia yang bebas buang air sembarangan dengan membangun 6.700 jamban pada tahun 2016.

Kabupaten Bangka berhasil meraih penghargaan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Award 2015 untuk kategori Pemerintah di bidang Sanitasi atas inisiatif kemitraan pembangunan sanitasi.

"Inisiatif kemitraan pembangunan sanitasi yang dilakukan Kabupaten Bangka dengan melaksanakan program penyehatan lingkungan serta pembangunan jamban yang dilakukan bersama-sama pihak pemerintah, TNI, swasta, dan perguruan tinggi," kata Bupati Bangka Tarmizi Saat, disela Konferensi Air Minum dan Sanitasi Nasional (KSAN) 2015, di Jakarta, Rabu.

Menurut Tarmizi, Kabupaten Bangka juga mendorong masyarakat mendukung pembangunan jamban di area rumah melalui arisan Rp5.000 per kepala keluarga setiap bulan.

Ia menambahkan, program tersebut merupakan salah satu inovasi untuk membangun sanitasi yang baik.

"Taget kami tahun 2016 harus menjadi kabupaten pertama di Indonesia sebagai kabupaten bebas buang air sembarangan. Kami akan membangun bersama TNI dan dananya nanti berasal dari berbagai sumber seperti pemerintah dan CSR perusahaan," jelas Tarmizi.

Pewarta: Monalisa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015