Dukungan suami tersebut bisa mengurangi resistensi istri, baik berupa keraguan, rasa malu, atau takut
Semarang (ANTARA News) - Masyarakat di Provinsi Jawa Tengah didorong untuk melakukan tes Inspeksi Visual dengan Asam asetat (IVA) sebagai salah satu upaya mencegah penyakit kanker leher rahim.

"Kami terus melakukan sosialisasi agar masyarakat mau melakukan tes IVA karena bisa menjadi deteksi dini penyakit kanker leher rahim," kata Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jateng Siti Atikoh Ganjar Pranowo di Semarang, Kamis.

Menurut dia, suami mempunyai peranan penting dalam mendukung istri untuk melakukan tes IVA dan hal itu sangat dibutuhkan.

"Dukungan suami tersebut bisa mengurangi resistensi istri, baik berupa keraguan, rasa malu, atau takut," ujarnya.

Kendati demikian, Atikoh berpendapat bahwa kalangan ulama juga berperan penting dalam menyukseskan sosialisasi tes IVA.

"Para ulama dinilai efektif menggugah kesadaran masyarakat, baik kalangan istri atau suami untuk melakukan tes IVA," katanya.

Selain mendorong tes IVA, Tim Penggerak PKK Jateng juga menekankan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat untuk menekan potensi kanker leher rahim.

Ia mengharapkan kalangan ibu rumah tangga, hendaknya memiliki waktu untuk memanjakan diri sendiri atau me time di tengah padatnya rutinitas.

"Me time merupakan cara jitu untuk mengelola stres, oleh karena itu setidaknya luangkan waktu sekitar 20 menit setiap harinya untuk santai," ujarnya.

Pewarta: Wisnu Adhi N.
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015