Lebak (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia membangun jalur rel ganda (double treck) yang menghubungkan Stasiun Rangkasbitung-Maja sejauh 40 kilometer dan kini tengah dikerjakan sekitar Cijoro-Narimbang sampai Citeras.

Sebagian jalur sudah diurug tanah dengan kedalaman satu sampai dua meter, sedangkan pekerja sibuk mengerjakan infrastuktur jalur ganda ini.

Pemasangan tiang listrik sendiri sudah menembus Stasiun Maja.

"Kami yakin pembangunan tiga bulan ke depan sudah selesai pemasangan rel kereta api itu," kata Yanto, pekerja proyek ini di Rangkasbitung.

Ia mengaku selama dua bulan terakhir sudah menguruh tanah untuk pembangunan jalur kereta api ini.

Pembangunan jalur ganda untuk Commuter Line itu berjalan lancar tanpa hambatan berkat kemarau belakangan ini.

Jalur ganda ini sudah mencapai 50 persen. "Kami berharap pembangunan jalan kereta api ini rampung sesuai dengan target," ujar dia.

Heni (50), warga Cijoro Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak, mengaku ikhlas rumahnya tergusur demi pembangunan jalur rel ganda itu. Setiap hari dia kini menjadi saksi alat-alat berat beroperadi untuk pembangunan rel ini.

"Kami sangat mendukung pembangunan double treck itu karena berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat," katanya.

Kepala Stasiun KA Rangkasbitung Kabupaten Lebak Urip mengaku belum mengetahui kapan jalar ganda Commuter Line dari Rangkas Bitung ke Jakarta ini beroperasi.

PT KAI saat ini sudah menyelesaikan jalur ganda Stasiun Parungpanjang-Maja, namun belum dioperasikan.

"Kami berharap PT KAI bisa mengoperasikan KA Commuter Line tahun 2017," kata Urip.


Pewarta: Mansyur
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015