Sumbawa, NTB (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan dewan sedang memprioritaskan pembentukan Provinsi Pulau Sumbawa agar menjadi wilayah yang otonom sekaligus memperluas pembangunan.

"Provinsi Pulau Sumbawa itu nomor satu, hingga presiden mengeluarkan amar keputusan atau amanat atau mengutus tim untuk daerah pemekaran. Insya Allah Provinsi Sumbawa menjadi nomor satu atau sedang diprioritaskan," kata Fahri Hamzah usai melakukan kunjungan kerja di Sumbawa, NTB, Sabtu.

Dengan terbentuknnya provinsi baru, tutur Fahri, maka Sumbawa bisa menjadi unit pemerintahan yang mandiri, membangun badan usaha desa, serta mengurus daerahnya sendiri sesuai dengan keunggulan sumber daya.

"Selain itu, dijadikan prioritas karena aspirasi dari masyarakat yang ingin merasakan provinsi mandiri dan memiliki akses pembangunan infrastruktur yang lebih luas," imbuhnya.

Lebih lanjut, Fahri pun menepis adanya anggapan bahwa legislator hanya mengutamakan pembentukan Provinsi Madura.

"Sekarang ini ada Provinsi Madura, sehingga saya dapat SMS (pesan singkat) karena mendukung provinsi Madura. Jadi saya koreksi, bahwa Provinsi Sumbawa adalah prioritas," kata Fahri.

Politisi PKS ini pun berpendapat bahwa Indonesia merupakan negara besar yang idealnya memiliki 50 provinsi.

"Kami meyakinkan pemerintah pusat bahwa Indonesia adalah negara besar yang seharusnya memiliki 50 provinsi," cetusnya. 

"Papua dan Kalimantan itu luasnya seperti benua. Selayaknya minimal ada tujuh provinsi di pulau-pulau itu."

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015