Addis Ababa (ANTARA News) - Kongo mempermalukan tuan rumah Ethiopia 4-3 dalam babak kedua laga kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Afrika di Stadion Addis Ababa, Sabtu.

Kongo menjadi memiliki modal positif untuk melakoni pertemuan kedua di Stadion Alphonse Massamba Debat, Brazzaville, Selasa pekan depan  (17/11).

Pemenang dari dua laga itu akan menjadi satu dari 20 tim yang berhak melakoni babak grup kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Afrika.

Meski kehilangan sejumlah pemain kunci, termasuk gelandang Stade de Reims Prince Oniangue dan penyerang SCO Angers Ferebory Dore, tim besutan pelatih Claude Le Roy itu membuktikan kemampuannya dalam lawatan ke kandang lawan itu.

Setelah penyerang Getaneh Kebede memecah kebuntuan untuk Ethiopia pada menit 41, tim tamu tak membutuhkan waktu lama untuk menyamakan kedudukan lewat bomber klub Spanyol, Granada, Thievy Bifouma.

Penyerang Wydad Casablanca, Fabrice Ondama, membawa Kongo berbalik unggul berkat golnya pada menit 63.

Kapten Kongo, Delvin Ndinga, menggandakan keunggulan Kongo 3-1 pada menit 75. Kongo kian menjauh dari kejaran Ethiopia lewat gol yang dicetak gelandang pengganti Hardy Binguila pada menit 81 hanya tiga menit setelah ia memasuki lapangan menggantikan Bifouma.

Ethiopia memperoleh momentum kebangkitan setelah memperkecil kedudukan menjadi 2-4, semenit berselang lewat Dawit Fekadu.

Namun mereka harus menunggu hingga menit-menit tambahan waktu untuk meraih gol ketiga dari Shimelis Bekele, dan itu terlalu lambat untuk menghindarkan Ethiopia dari kekalahan.

Berikut susunan pemain kedua tim dalam laman resmi FIFA.

Ethiopia: Getnet (PG); Sani, Gatoch Panom (Girma), Getaneh Kebede, Yishak (Binyam Belay), Dawit Fekadu, Saladin Bareghizo, Aschalew Girma, Tamene, Tesyafe Seyoum, Shimelis Bekele
Pelatih: Yohannes Sahle

Kongo: Christofer Mafoumbi (PG); Francis N'ganga, Baudry, Bissiki, Delvin Ndinga, Koubemba, Nkounkou, Fabrice Nguessi (C. Malonga), Thievy Bifouma (Hardy Binguila), Sagesse Babele, Avounou
Pelatih: Claude Le Roy

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015