Paris (ANTARA News) - Orang-orang bersenjata dan pembom bunuh diri melancarkan gelombang serangan ke beberapa restoran, sebuah gedung konser, dan dekat sebuah stadion sepak bola di Paris, Jumat waktu setempat, dalam serangan membabibuta nan maut yang diklaim ISIS dan menewaskan 129 orang serta 352 orang terluka yang 99 di antaranya dalam kondisi kritis.

Berikut adalah linimasa peristiwa itu berdasarkan waktu setempat (WIB ditambah enam jam), berdasarkan keterangan jaksa Prancis Francois Molins dalam jumpa pers Sabtu waktu Prancis.

Jumat 13 November

21.20 (Sabtu 03.20 WIB) - Seorang pembom bunuh diri mengaktifkan rompi berisi bahan peledak dekat gerban Stadion Stade de France di kawasan Saint-Denis di mana Presiden Francois Hollande dan Menteri Luar Negeri Jerman menyaksikan langsung pertandingan persabatan sepak bola internasional itu. Ledakan itu membunuh pembom bunuh dirinya dan seorang yang lewat di depannya.

21.25 (Sabtu 03.25 WIB) - Di Distrik 10 Paris, di perempatan Jalan Bichat dan Jalan Alibert, orang-orang bersenjata menembaki para pelanggan yang duduk di teras bar "Le Carillon" dan restoran "Petit Cambodge", sampai menewaskan 15 orang dan melukai parah 10 orang.

21.30 (Sabtu 03.30 WIB) - Di luara Stadion Stade de France, pembom bunuh diri kedua meledakkan bomnya, menewaskan si pelaku.

21.32 (Sabtu 03.32 WIB)
- Orang-orang bersenjata menembaki depan bar "A La Bonne Biere" di persimpangan Jalan Fontaine au Roi dan Jalan Faubourg du Temple di Distrik 11, menewaskan lima orang dan melukai parah delapan orang.

21.36 (Sabtu 03.36 WIB) - Orang-orang bersenjata menewaskan 19 orang yang tengah duduk di teras restoran "La Belle Equipe" di dekat Jalan de Charonne. Sembilan orang lainnya terluka parah.

Sekitar 21.40 (Sabtu 03.40 WIB)
- Seorang pembom bunuh diri meledakkan diri di dalam restoran "Le Comptoir Voltaire" di Jalan  Voltaire, juga di Distrik 11, melukai parah seorang korban.

21.40 (Sabtu 03.40 WIB) - Sebuah mobil berhenti di depan gedung konser Bataclan. Beberapa orang bersenjata memasuki gedung teater ini selagi konser digelar (grup rock Eagles of Death Metal) dan menembaki serampangan ke arah penonton sampai menewaskan 89 orang dan melukai banyak korban lainnya. Para penyerang mengeluarkan kata-kata yang merujuk ke Suriah dan Irak.

21.53 (Sabtu 03.53 WIB) - Pembom bunuh diri ketiga meledakkan diri dekat Stade de France.

Sabtu 14 November:

00.20 (Sabtu 06.20 WIB) - Pasukan keamanan melancarkan serangan ke Gedung Konser Bataclan untuk membebaskan orang-orang di dalam gedung. Tiga orang dari penyerang dibunuh. Seorang dari penyerang itu ditembak mati, sedangkan dua lainnya meledakkan diri dengan rompi penuh bahan peledak yang dikenakan mereka.






Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015