Bekasi, Cikarang (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menggagas Kelompok Masyarakat Sadar Wisata guna membantu mempromosikan sektor pariwisata di wilayah setempat.

"Kelompok tersebut akan melakukan pembinaan terhadap remaja Karang Taruna, kelompok pengusaha, instansi desa dan masyarakat sekitar objek wisata untuk menjaga dan memelihara daerah masing-masing," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Bekasi Agus Trihono di Cikarang, Sabtu.

Menurut dia, pembangunan serta pengembangan kawasan pariwisata tidak lepas dari peran serta masyarakat di sekitarnya.

Kabupaten Bekasi saat ini memiliki potensi pariwisata yang sangat besar seperti pariwisata industri di 12 kawasan industri setempat dan wisata alam seperti Pesisir Muaragembong, Hutan Bakau, dan lainnya.

"Program ini akan digelar setiap tahun dan kali ini sambutan masyarakat cukup antusias," ujarnya.

Program ini, menurut Agus, adalah untuk membangun kesadaran bersama bahwa tugas membangun pariwisata bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tapi juga masyarakat sekitar.

Namun demikian, Pemkab Bekasi juga akan terus mendorong kemajuan pariwisata di daerahnya dengan sejumlah kebijakan.

Agus mengakui, potensi pariwisata di wilayahnya saat ini belum terkelola secara maksimal akibat keterbatasan kemampuan daerah.

"Untuk wisata industri, saat ini masih perlu koordinasi dengan perusahaan yang bisa dikunjungi oleh wisatawan, sementara wisata alam masih lemah dalam sisi infrastruktur jalannya," katanya. 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015