Hari Kesehatan Nasional ke - 51 tahun 2015 dimeriahkan rangkaian kegiatan kesehatan

Hari Kesehatan Nasional ke - 51 tahun 2015 dimeriahkan rangkaian kegiatan kesehatan

Menkes dalam pembukaan Pembukaan Pameran dan Olah Raga dalam Rangkaian Hari Kesehatan Nasional di Jakarta. (flickersehatnegeriku.com)

Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang jatuh pada tanggal 12 November setiap tahun, dicanangkan sebagai peringatan berharga bagi bangsa Indonesia untuk tetap fokus dan bersemangat membangun bangsa, khususnya di bidang kesehatan.

Tahun ini, tema yang diusung adalah “Indonesia Cinta Sehat: Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri”. 

Dalam sambutannya pada pembukaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke 51, Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek menyatakan tetap berkomitmen mewujudkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui peningkatan kesehatan.

"Mengangkat tema generasi cinta sehat, siap membangun negeri. Sehat harus dijaga dengan gaya hidup sehat mencapai pembangunan kesehatan," papar Menkes saat pidato upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional di halaman kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, (12/11/2015).

Menurut Menkes RI, tema itu juga turut mengangkat kembali nilai strategis yang bisa mengubah cara pandang sikap, perilaku sehingga bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa yang besar.

"Kementerian Kesehatan berusaha menjalankan amanat NAWACITA dengan melakukan inovasi dengan kerjasama dan kerja keras. Melalui program Indonesia sehat dengan tiga pilar yaitu paradigma sehat yang mengutamakan pembangunan kesehatan. Penguatan layanan kesehatan, optimalisasi sistem rujukan dengan intervensi berbasis risiko kesehatan," kata Menkes.

Ia menambahkan, Jaminan kesehatan nasional merupakan program Kemenkes melalui revolusi mental dan Pemerintah juga menyediakan iuran dalam sistem JKN.

Menginjak usia ke-51 yang sudah melewati setengah abad. Usia itu mewakili kematangan pembangunan Indonesia. Sesuai gagasan Presiden RI Soekarno, yang mengagas gerakan revolusi mental untuk pertama kali.

Dalam rangkaian peringatan HKN, Menkes juga meresmikan pameran foto yang mengangkat tema - tema kesehatan dan kegiatan yang dilakukan di seluruh pelosok Indonesia. Pameran foto tersebut digelar di kawasan kantor Kemenkes RI, Kuningan Jakarta.

Generasi cinta sehat adalah bangsa Indonesia dari segala usia, turut serta dalam pembangunan kesehatan, mengingatkan kembali bahwa sehat itu harus dijaga, bergaya hidup sehat, terlibat aktif dalam jaminan kesehatan nasional, untuk dapat mencapai layanan kesehatan yang kuat.

Akselerasi pencapaian derajat kesehatan yang optimal dilakukan dengan kerja sama berbagai elemen penting seperti pemerintah, kepala daerah, dunia usaha, dan organisasi kemasyarakatan.

Peringatan HKN ke-51 ini, tentu merupakan momen untuk berbagi tantangan dan mengambil komitmen dalam pencapaian derajat kesehatan.

Dalam Rangkaian Hari Kesehatan Nasional diadakan juga Pameran Pembangunan Kesehatan Tahun 2015, pameran yang diselenggarakan di Jakarta Internasional Expo Kemayoran-Jakarta tersebut berlangsung selama 3 hari mulai 13-15 November 2015. 

Pameran Pembangunan Kesehatan Tahun 2015  ini  dibuka langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, pada Jumat (13/11).

Pameran ini dimeriahkan oleh stand-stand yang berhubungan dengan dunia kesehatan dan menghadirkan berbagai info serta edukasi di bidang kesehatan, selain juga dimeriahkan acara hiburan dan talkshow dan kelas kecantikan dari produsen kosmetik dalam negeri.

Selain Pameran Pembangunan Kesehatan rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke 51 ini adalah :

Kegiatan Ilmiah dan Pengabdian Masyarakat
-Kegiatan ilmiah, dengan menggelar simposium, peluncuran buku penelitian kesehatan, atau lomba penulisan ilmiah agar para profesional kesehatan dapat terlibat aktif dan menjadi solusi.

-Pengabdian masyarakat: pemeriksaan gerak dan fungsi tubuh, donor darah nasional, deteksi dini penyakit tidak menular (PTM), inspeksi visual dengan asam asetat atau cara untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin (IVA Test Nasional), pelayanan dan pemeriksaan kesehatan jiwa, deteksi dini faktor risiko penyalahgunaan narkotika, alkohol, psikotropika, dan zat adiktif lain (Napza), deteksi dini faktor risiko HIV/AIDS, konseling Voluntary Counseling Test (VCT)/KTHIV.

Pertandingan dan Lomba

Lomba bisa diadakan antarkkementerian/lembaga dengan tema seperti: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), kesehatan lingkungan, kota sehat, dan Tanaman Obat Keluarga (TOGA), dilaksanakan dengan melibatkan pelajar, jurnalis, profesional kesehatan dengan berbagai macam lomba kreativitas.

Upacara dan Tabur Bunga

Mengenang jasa pahlawan terutama mereka yang berjasa di bidang kesehatan, lewat upacara dan dirangkai dengan kegiatan tabur bunga di taman makam pahlawan untuk meningkatkan semangat jiwa korsa.

Acara Puncak

Memeriahkan 51 tahun HKN dengan semangat baru, akan sangat bermakna jika setiap elemen masyarakat hadir. Pemberian penghargaan tertinggi dari Menkes RI bagi mereka yang berjasa di bidang kesehatan dan pertunjukan seni musik dan tari akan mengantar 51 tahun HKN menjadi acara yang meriah dan tidak terlupakan.

Lomba Tingkat Nasional

Berbagai Lomba diadakan dalam rangkaian kegiatan memperingati HKN 51 yaitu :
-Film pendek: diberikan untuk masyarakat umum yang membuat film, pendek inspiratif, ide cerita dan pesan kesehatan
-Penulis cilik: diberikan untuk penulis cerita pendek bertema kesehatan yang menginspirasi. Sasaran: SD (7 – 12 tahun)
-Lomba Jurnalistik
-Fotografi: diberikan untuk karya foto terbaik dalam menyampaikan pesan kesehatan.
Berita dan Info kesehatan  lebih lanjut dapat dilihat di laman  http://www.depkes.go.id  dan http://www.sehatnegeriku.com.[*}




Editor: Copywriter
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar