Kudus, Jawa Tengah (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Kudus mendukung mobilitas personel TNI dan Kepolisian Indonesia di lingkungannya dalam bertugas. Bentuk dukungan itu dengan pinjaman kendaraan bermotor kepada ratusan Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Kodim 0722/Kudus serta Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) Polres Kudus, Jawa Tengah, Senin lalu. 




Serah terima sepeda motor pinjaman kepada 102 Babinsa dan 132 Babinkamtibmas serta dua mobil Toyota Fortuner serta ambulans dilakukan di halaman pendopo Kudus, Jawa Tengah, dihadiri Bupati Kudus, Musthofa, Komandan Korem 073/Makutara Kolonel Kavaleri Prantara Santosa, dan Kepala Biro Sarana Prasarana Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar Polisi Rise Suntardjo.




Musthofa dalam sambutannya, mengungkapkan pemberian kendaraan operasional untuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Babinkamtibmas, dan Babinsa untuk mendukung tugas pokok dan kelancaran tugas di lapangan.




Selain itu, kata dia, kendaraan operasional tersebut juga untuk mengoptimalkan tugas Babinsa dan Babinkamtibmas dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif di wilayahnya masing-masing.




"Bantuan tersebut sekaligus untuk memenuhi janji saya sebelumnya," ujarnya.




Asisten III Sekretariat Daerah Kudus, Mas'ud, mengatakan, selain menyerahkan bantuan sepeda motor untuk Babinsa dan Babinkamtibmas juga diserahkan kendaraan operasional berupa mobil fortuner dan ambulans untuk Polres Kudus dan satu mobil fortuner untuk Kejaksaan Negeri Kudus.




Operasionalisasi mobil ambulans itu, kata dia, untuk mempercepat proses penanganan kecelakaan lalu lintas dan kasus-kasus kepolisian yang lain di Kudus.




Adapun besarnya anggaran untuk pengadaan 234 kendaraan roda dua serta dua mobil fortuner serta ambulans, kata dia, sekitar Rp5,96 miliar.




Sementara itu, Santosa mengingatkan Babinsa untuk menjaga dan merawat kendaraan operasional dengan baik, karena statusnya pinjam pakai.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015