Jakarta (ANTARA News) - Aktor cilik Adam Farrel Xavier terpilih untuk mengisi suara salah satu tokoh anak dinosaurus dalam film Disney Pixar terbaru berjudul "The Good Dinosaur" atau "Dino yang Baik" yang akan tayang di Indonesia 27 November 2015.

"Aku senang bisa terpilih dan lolos audisi di Singapura karena saingannya cukup banyak dan kebanyakan penyanyi cilik, tapi katanya suaraku yang paling cocok," kata Adam saat ditemui di kantor PT Walt Disney Indonesia, Jakarta, Kamis.

Pemain film "Jendral Kancil" (2012) itu mengatakan menjadi pengisi suara merupakan hal baru baginya dan penuh tantangan.

"Tantangannya adalah aku harus menyuarakan semua gerak-gerik si tokoh, ada yang namanya reaksi. Itu yang paling sulit. Contoh reaksi adalah bagaimana membedakan suara napas saat sedang berlari, napas saat sedang berkelahi, saat sedang masuk air, bahkan menelan ludah juga harus ada suaranya, itu yang paling sulit," katanya.

Selain itu, menjadi pengisi suara menuntut Adam yang duduk di kelas tujuh SMP di Jakarta Timur itu untuk memiliki stamina yang kuat.

"Mengisi suara, aku harus kuat berdiri lama. Dua hari pertama jadwal dari jam 08.00 hingga jam 17.00 WIB, dua hari selanjutnya, karena sudah bisa bagaimana reaksi, jadi lebih gampang dan selesai lebih cepat. Pernah waktu itu kaki aku sampai kram karena lama berdiri ditambah AC studio yang sangat dingin," kata dia.

Proses pengisian suara memerlukan waktu hingga empat hari, meski demikian Adam mengaku senang dan ketagihan menjadi pengisi suara.

"Mengisi suara lebih menyenangkan karena waktunya cepat, kalau sinetron kan bisa sampai seharian, capek," katanya.

Adam memerankan tokoh seekor anak dinosaurus jenis Apatosaurus bernama Arlo dalam film "Dino yang Baik". Arlo adalah dinosaurus yang awalnya penakut namun berubah menjadi pemberani setelah melalui perjalanan yang keras dan misterius.

"Aku belajar banyak dari Arlo, pertama aku belajar menggali potensi diri. Jangan jadikan rasa takut sebagai penghalang dan kedua aku belajar arti persahabatan seperti persahabatan Arlo dan anak manusia, Spot," kata penyuka Apatosaurus itu.

Film "The Good Dinosaur" akan hadir di Indonesia dalam dua versi yakni versi original dengan teks bahasa Indonesia dan versi dengan pengisi suara.

"Diharapkan melalui versi dubbing ini, The Good Dinosaur bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia semua umur," kata General Manager of Studio Entertainment, The Walt Disney Company Asia Tenggara, Amit Malhotra.

The Good Dinosaur disutradarai oleh Peter Sohn dan dibintangi oleh Raymond Ochoa sebagai pengisi suara karakter Arlo.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015