Orangtua diharap serahkan pilihan pilkada ke anak




Depok, Jawa Barat (ANTARA News) - Jelang Pilkada serentak, orangtua diharap menyerahkan pilihan kepada anak mereka yang telah memiliki hak suara sebagai pemilih pemula. Pemilih pemula jumlahnya sangat banyak. 




Menurut Camat Sumajaya, Depok, Dadang Wihana, peran orangtua dalam hal ini sebatas edukasi memberikan pengertian mengenai calon pimpinan.




"Saya sendiri memiliki dua anak yang merupakan pemilih pemula saya berikan kebebasan kepada mereka, tapi saya berikan pilihan di antara dua figur," kata dia, di sela acara Rock The Vote Indonesia, di Kampus UI, Depok, Minggu.




"Orangtua menyerahkan sepenuhnya kepada anak karena itu hak yang paling asasi, hak yang paling dasar," sambung dia.




Dalam kesempatan yang sama, Direktur Center for Election and Politic Party (CEPP) FISIP UI, Reni Suwarso, menyampaikan hal senada.




Dia mengatakan peran orangtua dalam pendidikan politik sangat penting. Meski demikian, menurut dia, orangtua sebaiknya memberikan kesempatan kepada anak.




Tak beda jauh dari Reni, karyawan swasta, Shella Novasari, yang berkata. "Orangtua sebagai pengingat karena 17 tahun sudah dewasa harus melepaskan anaknya konsekuensinya apa, kan dari situ anaknya akan belajar."

Pewarta: Arindra Meodi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015