Muaraenim, Sumatera Selatan (ANTARA News) - Minyak mentah milik PT Pertamina Asset II Prabumulih, Sumatera Selatan dicuri dengan cara merusak pipa di simpang empat Desa Negeri Agung, Kabupaten Muaraenim.

Kasus pencurian minyak di jalur pipa di SP Beringin menuju SP 3 Prabumulih di simpang empat Desa Negeri Agung terjadi, Sabtu (21/11) sekitar pukul 17.00 WIB, kata Ariansah (40), petugas keamanan PT Pertamina di Muaraenim, Senin.

Menurut dia, aksi para pelaku yang melubangi pipa mengakibatkan tumpahan minyak mentah sehingga menggenangi badan jalan di sekitar lokasi kejadian.

"Kasus pencurian minyak mentah milik PT Pertamina itu sudah saya laporkan ke Polsek Rambang," kata Ariansah.

Diduga pencuri pipa oknum belum sempat mengambil minyak mentah karena keburu ketahuan petugas keamanan PT Pertamina yang tengah melakukan patroli.

"Saat diketahuinya, tumpahan minyak mentah sudah menggenangi badan jalan dengan sigap petugas dari Pertamina turun ke lokasi untuk memperbaiki pipa yang bocor dengan cara mengalirkan tumpahan minyak tersebut ke tempat yang lebih aman," katanya.

Ia menambahkan, setelah perbaikan pipa selesai, petugas membersihkan tumpahan minyak mentah.

Kapolres Muaraenim, AKBP Nuryanto, saat dikonfirmasi terkait kasus pencurian minyak mentah itu membenarkan kejadian tersebut.

Menurut dia, berdasarkan keterangan pihak Pertamina bahwa pipa dilubangi oleh oknum yang mau melakukan pencurian minyak mentah dengan cara memasang klam untuk menyalurkan minyak dari dalam pipa.

Kasus pencurian minyak mentah milik PT Pertamina itu sekarang ini sedang dilakukan penyelidikan dan memburu tersangka pelakunya, kata dia. 

Pewarta: Muhammad Suparni dan Banu Sungkowo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015