Jalankan hari ini untuk melukis wajah masa depan bangsa. Bapak Ibu guru semua merupakan pelukis masa depan bangsa
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan guru merupakan "pelukis" masa depan bangsa.

"Guru yang bekerja merupakan guru yang berkarya dan guru mulia karena karya," ujar Anies dalam sambutannya pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) di Istora Senayan, Jakarta, Selasa.

Mendikbud menambahkan, "Kita semua bisa mulia karena karya, kehadiran para guru pada peringatan HGN bukan sekedar hadir, tapi menyiapkan masa depan bangsa".

"Jalankan hari ini untuk melukis wajah masa depan bangsa. Bapak Ibu guru semua merupakan pelukis masa depan bangsa," katanya.

Dia menjelaskan guru merupakan hulu dari kemajuan suatu bangsa. Peringatan HGN ke-70 diikuti 12.000 dari seluruh Tanah Air. Tema HGN ke-70 yakni "Guru Mulia Karena Karya".

Mendikbud menyebut ada dua kegiatan penting yang diselenggarakan pada tahun ini yakni simposium dan puncak peringatannya.

"Kegiatan simposium dan lokakarya sudah dilangsungkan kemarin. Guru dari seluruh Tanah Air menunjukkan karyanya. Awalnya ada 3.360 karya yang masuk, kemudian diseleksi dan didapat 250 karya terbaik yang dipresentasikan. Presentasi para guru tersebut tersebar di 16 ruangan," jelas dia.

Menurut Anies, selama ini banyak terobosan yang dilakukan para guru di Tanah Air. Permasalahan utamanya adalah hanya sedikit waktu yang diberikan kepada guru berprestasi tersebut untuk memaparkannya.

"Para guru tersebut berkumpul untuk mendengarkan ceramah dari orang lain, tetapi dari rekan mereka sesama guru," katanya.

Karya yang ditampilkan dalam bentuk metode pembelajaran, alat peraga pendidikan, inovasi pembelajaran, yang disajikan dan dipamerkan kepada guru.

Pewarta: Indriani
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015