Ada enam biji telurnya, saat ini kita eramkan diinkubator agar bisa menetas dengan aman,"
Banjarmasin (ANTARA News) - Koleksi hewan jenis buaya milik Kebun Binatang Banjarmasin yang terletak di Kompleks Zahri Saleh, Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, saat ini dinyatakan berkembang biak.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin Doyo Pudjadi mengungkapkan, Selasa, salah satu buaya koleksi di Kebun Binatang Banjarmasin saat ini sudah bertelur, dan tidak lama lagi akan menetas.

"Ada enam biji telurnya, saat ini kita eramkan diinkubator agar bisa menetas dengan aman," ujarnya.

Dikatakan dia, koleksi buaya di Kebun Binatang milik pemerintah kota ini saat ini sebanyak enam ekor yang sudah dewasa, dan akan bisa bertambah kalau penetasan telurnya berhasil dengan baik.

"Ini akan menjadi perkembangbiakan pertama bagi buaya di kebun binatang daerah kita, jadi harus bisa kita jaga dengan baik calon anak-anak buaya ini nantinya," tutur Doyo.

Harapannya, ujar dia, dengan bertambahnya nanti koleksi hewan di kebun binatang yang luas wilayahnya sekitar 1,5 hektare ini akan menambah daya tarik wisata untuk berkunjung, selain itu terus ditambah hewan lainnya.

Menurut dia, Pemkot akan terus memberikan kemajuan bagi tempat rekreasi keluarga ini untuk terus bisa mejadi andalam wisata.

Selain itu, kata Doyo, lokasi penangkaran tersebut akan menjadi pusat penelitian sekaligus pendidikan mengenai hewan khas daerah ini salah satunya kera bekantan.

Dia memaparkan, di lokasi kebun binatang ini terdapat sepuluh zona, seperti zona reftil, zona perimata, zona burung, zona ikan, dan zona-zona lainnya.

"Kita berharap kebun binatang ini akan menjadi pilihan masyarakat bertamasya sebagai alternatif sekalin hanya ke pusat perbelanjaan atau mall," katanya.

Pewarta: Sukarli
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015