Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah dan rakyat Indonesia menyampaikan ucapan selamat kepada Ketua Partai National League for Democracy di Myanmar, Daw Aung San Suu Kyi, atas pengumuman resmi "Union Election Commision" (KPU) Myanmar yang menetapkan partai tersebut sebagai pemenang pemilu.

Hal itu disampaikan dalam keterangan pers dari Kementerian Luar Negeri RI yang diterima di Jakarta, Selasa.

Pemerintah Indonesia juga menyampaikan penghargaan kepada Pemerintah Myanmar di bawah pimpinan Presiden Thein Sein, yang telah berhasil membawa Myanmar ke arah demokrasi dan telah menyatakan menerima hasil pemilu tersebut.

Indonesia mengharapkan proses transisi pemerintahan di Myanmar dapat dilaksanakan secara lancar dan damai.

"Hasil pemilu tersebut merefleksikan asipirasi dan harapan nyata rakyat Myanmar," kata pernyataan dari Kementerian Luar Negeri RI.

Pemerintah Indonesia juga menyampaikan keyakinan bahwa rakyat Myanmar akan memanfaatkan momentum itu untuk memastikan transisi politik yang demokratis, dalam semangat perdamaian dan rekonsiliasi.

Selanjutnya, Pemerintah Indonesia menekankan kembali komitmen untuk terus mendukung upaya dan langkah Myanmar menuju reformasi dan demokratisasi yang berkesinambungan.

Selain itu, Indonesia juga mengharapkan dapat terus meningkatkan kerja sama erat yang selama ini terjalin dengan Myanmar, baik dalam kerangka bilateral maupun ASEAN, serta dalam berbagai forum internasional.

Pemerintah Indonesia berharap kerja sama yang terjalin dapat bermanfaat bagi kepentingan rakyat kedua negara dan demi tujuan bersama mencapai perdamaian, keamanan, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan maupun dunia.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015