Kendari (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Puan Maharani akan membuka Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wakatobi Wave) Kamis, 26 November 2015 di Wangiwangi, Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Menko Puan Maharani sudah tiba di Wangiwangi.Rabu sore tadi Beliau disambut oleh tokoh-tokoh masyarakat adat Wakatobi," kata Bupati Wakatobi, Hugua melalui telepon dari Kendari-Wangiwangi, Rabu..

Menurut dia, Wakatobi Wave 2015 yang dirangkaikan dengan perayaan HUT Ke-12 Kabupaten Wakatobi, semula dijadwalkan akan dibuka Menteri Pariwisata.

Namun, Menteri Pariwisata berhalangan, sehingga.hanya menugaskan salah satu deputi Kementerian Pariwisata mendampingi Menko PMK membuka festival terakbar sepanjang penyelenggaraan festival di Wakatobi.

"Wakatobi Wave yang akan dibuka oleh Menko PMK akan dimeriahkan dengan parade budaya yang melibatkan peserta kurang lebih 10.000 orang," katanya.

Ia menjelaskan para peserta parade budaya tersebut selain masyarakat dari empat pulau besar di Wakatobi, yakni Wangiwangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko, juga diikuti para wisatawan mancanegara terutama dari Australia dan negara-negara di Eropa.

Selain parade budaya, kata dia, pada acara pembukaan juga akan dimeriahkan dengan tarian kolosal yang dimainkan 1.000 penari putra-putri Wakatobi.

"Tarian kolosal yang akan dimainkan 1.000 penari tersebut bertajuk Pesona Wakatobi sebagai Pusat Biosfer Bumi," katanya.

Ia mengatakan mengawali parade budaya terakbar sepanjang sejarah penyelenggaraan kegiatan budaya di Wakatobi itu, akan dilakukan prosesi Kariaa (tradisi masyarakat Wakatobi mengislamkan anak perempuan).

Dalam memeriahkan Karia tersebut, kata dia, akan menampilkan Tamburu Liya, Tari Lengko, Barisan Tokoh Adat, dan karnaval kostum khas masyarakat wilayah pesisir.

"Berbagai kegiatan budaya dalam memeriahkan Wakatobi Wave 2015 yang dirangkaikan dengan HUT Ke-12 Kabupaten Wakatobi kita namakan Festivsl Budaya Masyarakat Bahari Wakatobi," katanya.

Pewarta: Agus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015