Langkah internasionalisasi ini sebagai tujuan Unair dengan NCTU untuk membahas kemungkinan kerjasama di bidang pertukaran mahasiswa, staf pengajar, kolaborasi riset dan publikasi, maupun visiting professor,"
Surabaya (ANTARA News) - Universitas Airlangga (Unair) beserta delegasi asal National Chiao Tung University (NCTU), Taiwan bekerja sama untuk meningkatkan publikasi ilmiah serta mendorong kunjungan professor luar negeri untuk melakukan riset di Indonesia, atau sebaliknya.

"Langkah internasionalisasi ini sebagai tujuan Unair dengan NCTU untuk membahas kemungkinan kerjasama di bidang pertukaran mahasiswa, staf pengajar, kolaborasi riset dan publikasi, maupun visiting professor," kata Wakil Rektor (Warek) III Unair, Prof Amin Alamsjah, Ir, M.Si di Unair Surabaya, Kamis.

Ia mengatakan, pertemuan kedua delegasi ini bertujuan untuk memperkenalkan kedua institusi perguruan tinggi dan fakultas terkait, hingga penjajakan kemungkinan kerjasama kedua perguruan tinggi tersebut.

"Dalam pertemuan ini, Unair memiliki empat bidang yang bisa dikolaborasikan dengan perguruan tinggi asal Taiwan, sehingga publikasi penelitian ilmiah di Unair bisa semakin ditingkatkan," terangnya.

Empat pilar itu, lanjutnya adalah academic excellence (pertukaran sivitas akademika dan kuliah tamu), research excellence (kolaborasi riset dengan tujuan meningkatkan jumlah publikasi), community service (kuliah kerja nyata-belajar bersama masyarakat UNAIR), dan university holding (hilirisasi produk riset).

Di sisi lain, International Office and Partnership (IOP) Unair, Amak Yaqoub mengatakan bahwa Unair akan mendorong kunjungan professor luar negeri untuk melakukan riset dan mengadakan kuliah tamu dalam rentang waktu 3-6 bulan,guna mendorong kenaikan peringkat Unair dalam jajaran perguruan tinggi kelas dunia.

"Kami ingin meningkatkan inbound professor yang melakukan riset dan pengajaran di Unair, namun pengajaran oleh professor tamu tidak dilakukan secara berkelanjutan, melainkan bisa dilakukan selama tiga bulan atau enam bulan," tuturnya.

Sementara itu, delegasi NCTU, An-Pin Chan juga menginginkan perihal yang sama dengan keinginan pihak Unair, agar lebih banyak mahasiswa dan staf pengajar Unair yang menempuh pendidikan ke kampus dengan peringkat ke-182 dunia versi QS World University Rankings.

"Ada banyak hal menarik yang mendukung atmosfer kehidupan akademik di Taiwan, sehingga dengan kami kesini bisa menjajaki kemungkinan kerjasama, seperti joint research, dan pertukaran mahasiswa ke Taiwan," paparnya.

Menurut dia, kampus NCTU menawarkan comprehensive scholarship program untuk mahasiswa dan pengajar, serta bekerjasama dalam hal riset dan camp house training.

Delegasi asal NCTU yang hadir dalam pertemuan adalah Prof. Dr. Chi-Chang (Associate Vice President of International Affairs), Dr. Chung-Ping Chung (Vice Dean, College of Computer Science), Ren-Jye Dzeng (Chairman, Department of Civil Engineering), Dr. Henryk Witek (Professor of Departmenet of Applied Science), dan Dr. An-Pin Chen (Vice Dean, College of Management).

Pewarta: Indra Setiawan/Laily Widya Arishandi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015