Manado (ANTARA News) - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara(Sulut) Olly Dondokambey-Steven Kandou memprogramkan peningkatan fiskal di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

"Pembangunan di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe akan menjadi perhatian jika terpilih pada pilkada serentak 9 Desember 2015. Sebab, hal itu senada dengan keinginan Presiden Joko Widodo yang ingin memulai pembangunan dari daerah pinggiran," kata Steven saat menyampaikan orasi politik di alun-alun Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jumat.

"Kabupaten Sangihe ini masih berfiskal rendah, dan ini fakta. Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita baru 30 persen dari APBD, sisanya yang 70 persen disumbang dari pemerintah pusat," kata Steven.

Dalam kampanye tersebut, hadir pula Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua DPP Minda Sianipar dan Wakil Sekjen Eriko Sotarduga.

Steven optimistis jika dirinya dan Olly menang, pembangunan di Sangihe dapat lebih cepat. Hal itu tidak terlepas karena adanya satu komando pemerintahan yang dikoordinir oleh PDI Perjuangan. Untuk diketahui, wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe juga dipimpin oleh kader PDI Perjuangan.

"Kalau gubernur, bupati, dan presiden dari PDI Perjuangan, pasti, pasti anggaran kita akan bertambah," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk mendukung percepatan pembangunan di Sangihe, maka potensi yang harus digali terutama di sektor kemaritiman.

Selain untuk mensinergikan program pemerintah pusat, Sangihe yang dikelilingi oleh kawasan perairan itu memiliki potensi kekayaan alam melimpah di sektor perikanan.

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015