Solo (ANTARA News) - Pemerintah akan merestorasi total Pura Mangkunegaran di Solo untuk menyelamatkan bangunan kuno yang telah rusak dimakan usia itu.

Menurut Kepala Dinas Tata Ruang Kota Pemerintah Kota Surakarta Agus Djoko Witiarso di Solo, Selasa, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menjadwalkan restorasi Pura Mangkunegaran dimulai tahun anggaran 2017.

Direktur Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, menurut dia, sudah menyatakan akan melakukan restorasi secara menyeluruh bangunan Pura Mangkunegaran.

Ia mengatakan selama ini perbaikan Pura Mangkunegaran baru dilakukan bagian per bagian.

"Perbaikan hanya dikerjakan per bangunan. Tahun ini misalnya hanya dilakukan perbaikan bagian atap bangunan sisi barat Pendapa Ageng, serta penataan lanskap kawasan Pamedan dan Kavaleri," kata Agus.

Ia menambahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan restorasi Mangkunegaran secara menyeluruh selesai 2018.

Inventarisasi bangunan Mangkunegaran untuk mengetahui kondisi dan pemanfaatannya akan dimulai awal tahun depan.

"Ya setelah itu baru ditentukan bagaimana cara memperbaikinya," katanya.

Ia menjelaskan pula bahwa penataan kawasan Mangkunegaran juga akan meliputi koridor Ngarsopuro serta bagian belakang dan sisi timur Mangkunegaran.

"Kami akan menyusun konsep penataan untuk belakang dan timur Mangkunegaran. Mudah-mudahan bisa selesai secepatnya," katanya.

Pewarta: Joko Widodo
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015