Jenazah pilot Rusia tiba di tanah airnya

Jenazah pilot Rusia tiba di tanah airnya

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu menyambut peti jenazah Oleg Peshkov, pilot Rusia yang pesawat tempurnya ditembak jatuh Turki di perbatasan Suriah (Reuters)

Paris (ANTARA News) - Jenazah pilot Oleg Peshkov yang tewas ketika pesawat tempur Su-24 yang dikemudikannya ditembak jatuh Turki pekan lalu, tiba di Rusia Senin waktu setempat dari Ankara, Turki.

Sebuah pesawat yang membawa peti mati Peshkov disambut oleh Menteri Pertahanan Rusia di luar kota Moskow setelah jenazahnya dibawa dari Suriah ke Turki untuk kemudian diserahterimakan kepada diplomat Rusia.

Kedua pilot pesawat tempur yang ditembak jatuh itu keluar dengan mengaktifkan kursi lontar dan dengan parasut mendarat di tanah di sisi perbatasan Suirah setelah ditembak jatuh jet tempur-jet tempur F-16 Turki pada 24 November.

Baca : Turki buktikan ancaman, pesawat Rusia ditembak jatuh

Kementerian pertahanan Rusia menyatakan Peshkov ditembak mati di daratan, sedangkan rekannya Konstantin Murakhtin diselamatkan oleh pasukan komado Rusia dan Suirah.

Seorang prajurit Rusia ikut tewas selagi berupaya menyelamatkan pilot Su-24 itu.

Peshkov akan dimakamkan esok Rabu di kota kelahirannya Lipetsk, di Rusia tengah.

Media Rusia menyebut penyerahan jenazah dari Turki itu sebagai itikad baik Tukri setelah dalam beberapa hari terakhir terlibat perang kata-kata.

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Ri minta Rusia dukung CPO dan buah tropis

Komentar