Jakarta (ANTARA News) - Martha Tilaar, pengusaha merek kosmetik lokal Sariayu, berbagi kiat perawatan demi menjaga kecantikan yang selalu dilakukannya hingga kini berusia 78 tahun. Rahasianya? Gaya hidup sehat dan perawatan teratur yang mengandalkan bahan-bahan alami milik Indonesia.

"Rambut saya selalu sasak tiap hari, tapi masih tumbuh rambutnya karena saya pakai cemceman serum sebagai pupuk pada akar rambut," ujar Martha di Jakarta, Rabu (2/12).

Martha yang selalu memilih makanan sehat juga tak pernah lupa membersihkan kulit sebelum tidur. Krim malam dan serum juga tak lupa diaplikasikan pada wajah.

Merawat wajah dengan masker juga dilakukannya. Untuk perempuan muda, cukup dilakukan sebanyak dua kali sebulan. Khusus bagi Martha yang telah berumur, frekuensinya lebih sering, yakni sekali dalam sepekan.

Dia juga selalu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi bahan-bahan alami seperti teh herbal. Dia mencampur teh dengan daun pegagan untuk meningkatkan daya ingat, bila pegal linu yang dimasukkan adalah jahe. Martha juga menggodok rebusan lima daun sirih ditambah tiga cengkeh yang dipakai untuk berkumur untuk menjaga kesehatan mulut.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015