biasanya dilakukan pejabat
Jakarta (ANTARA News) - Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti menyebut korupsi yang paling membahayakan adalah yang dilatarbelakangi sifat serakah.

"Korupsi itu ada yang by system ada yang karena keserakahan. Yang paling bahaya korupsi karena keserakahan, yang biasanya dilakukan pejabat," ujar Badrodin dalam diskusi Hari Antikorupsi Internasional bertajuk "Kemunduran Pemberantasan Korupsi adalah Aib Bagi Penegak Hukum" di Jakarta, Jumat.

Badrodin menyampaikan korupsi karena keserakahan biasa dilakukan pejabat negara yang memiliki kekuasaan dan kewenangan dengan menyalahgunakan mandat yang diberikan kepada mereka.

Oleh karena itu, kata dia, pencegahan tindak pidana korupsi harus digelorakan dan bisa dilakukan siapa saja, tidak terbatas pada penegak hukum.

Wakil Presiden Jusuf Kalla juga melontarkan hal sa,a demham menyebut korupsi dan keserakahan tampak dalam rekaman yang diduga melibatkan seorang pimpinan parlemen, pengusaha, dan petinggi perusahaan tambang.

Rekaman yang dimaksud JK adalah rekaman yang belakangan diperdengarkan Mahkamah Kehormatan Dewan dalam persidangan terbuka.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015