Depok (ANTARA News) - Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) sudah menyiapkan struktur pengawasan pelaksanaan pemilihan kepada daerah serentak pada 9 Desember di tingkat pusat hingga tempat pemungutan suara (TPS).

"Sampai dengan H-3 ini alhamdulillah struktur kami sudah terbentuk sampai di tingkat TPS," kata Ketua Bawaslu Muhammad usai acara Rock The Vote di Universitas Indonesia, Depok, Minggu.

Ia mengatakan hampir 100 persen persiapan pengawasan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) sudah selesai.

"Kami secara formal sudah menyiapkan struktur pengawasan dari pusat sampai dengan tingkat TPS, tapi itu akan sangat ditentukan oleh sinergitas yang kita bangun bersama antara pihak yang ada di dalamnya," katanya.

Ia menjelaskan pengawas akan ditempatkan di setiap TPS di tingkat kelurahan, kecamatan, kabupaten, kota, dan provinsi.

Meski struktur pengawasan sudah terbentuk, Muhammad meminta dukungan peserta pemilihan umum dan masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan pilkada.

"Kami berharap peserta pemilu, tim sukses, semua menghargai proses ini, memberi kepercayaan kepada penyelenggara untuk mengelola dengan baik," kata dia.

Muhammad juga menjamin kenetralan lembaganya dalam pilkada. "InsyaAllah kami netral, mandiri, dan tidak akan memihak kepada kekuatan politik mana pun juga," katanya.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015