Bandung (ANTARA News) - Petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di sejumlah daerah di Kabupaten Bandung melakukan antisipasi guyuran hujan deras pada saat tahapan pencoblosan maupun penghitungan surat suara Pilkada di daerah itu, Rabu (9/12).

"Setiap hari hujan turun cukup deras di Bandung selatan ini, sehingga kami melakukan antisipasi bila terjadi hujan lebat pada tahapan pemilihan," kata Ujang Rohimat, petugas TPS di Ciparay Kabupaten Bandung, Selasa.

Selain memasang tenda, para petugas TPS juga menyiapkan tempat yang aman dari hujan khususnya untuk penghitungan surat suara atau pencoblosan itu.

Sejumlah TPS juga ditempatkan di beberapa bangunan seperti aula, GOR, sekolah atau fasilitas lainnya yang lokasinya terhindar dari hujan.

"Bila hujan biasa tidak masalah aktivitas di tenda TPS, namun bila disertai angin jadi masalah, sehingga kami sudah siapkan antisipasi boyongan ke bangunan terdekat," kata Ujang.

Ia berharap pada saat tahapan Pilkada 2015 di Kabupaten Bandung tidak turun hujan sehingga bisa menuntaskan tahapan Pilkada dengan baik di tingkat TPS.

"Semuanya sudah siap, logistik juga sudah OK, tenda juga sudah disiapkan untuk petugas TPS dan untuk tempat tunggu pemilih," kata ujang.

Rencananya tahapan Pilkada di Kabupaten Bandung akan bergulir pada Rabu mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Selanjutnya dilakukan penghitungan suara dan melaporkan ke PPK.

Selain melakukan antisipasi hujan, para petugas TPS juga memastikan di TPS-nya ada saksi dari tiga peserta Pilkada di Kabupaten Bandung itu.

"Dengan adanya saksi jelas lebih bagus karena seluruh kelengkapan pemungutan suara terpenuhi dan terawasi secara maksimal," kata Kurdaman, petugas TPS lainnya di Ciparay.

Sementara itu Polda Jabar telah mengirimkan personilnya untuk melakukan pengamanan Pilkada Kabupaten Bandung di sejumlah kecamatan di kabupaten itu. Seperti di Kecamatan Ciparau, satu kompi Dalmas Polda Jabar telah tiba di kawasan Bandung selatan itu dan disebar ke sejumlah TPS atau stand bye di Posko di Polsek Ciparay.

Selain mengerahkan Polisi pria, juga menurunkan Polwan untuk beberapa tugas pengamanan yang memerlukan pendekatan polisi wanita itu.

Peserta Pilkada Kabupaten Bandung diikuti tiga pasangan yakni KH Sofyan Yahya - Agus Yasmin, Dadang M Naser - Gun-gun Gunawan, Deki Fajar - Donny Mulyana Kusumah.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015