Jakarta (ANTARA News) - YouTube Rewind 2015 menampilkan daftar video yang dalam setahun terakhir menarik paling banyak netizen, termasuk di Indonesia yang daftar video nonmusik terpopulernya didominasi oleh karya-karya pembuat video lokal.

"Kami sangat senang melihat tren karya kreator Indonesia berhasil mendominasi video terpopuler tahun ini, dan kami tak sabar melihat lebih banyak lagi kreativitas anak bangsa bermunculan dan menemukan audiensnya di YouTube," kata Kepala Komunikasi Google Indonesia Putri Silalahi dalam siaran pers, Kamis. 

Dalam kategori nonmusik, enam dari sepuluh video terpopuler di Indonesia merupakan karya anak bangsa. Jumlahnya meningkat ketimbang tahun lalu, ketika hanya ada tiga video YouTuber lokal yang masuk daftar terpopuler.

Enam video karya YouTuber lokal yang masuk daftar terpopuler adalah video SYAHRINI STICKER PARODI (edhozell + ekagustiwana) #parodisyahrini dari Edho Zell di posisi ketiga, lalu ada Kevin Anggara: Kompilasi Video Instagram #4 di posisi keempat dan Chandra Liaw dengan "28 TIPE KAGET feat. DEVINAUREEL, TOMMYLIMMM, DANIELKEVINS" di peringkat enam.

Kemudian ada LastDayProd yang merilis video #Gue Mah Gitu Orangnya di posisi ketujuh, disusul 1995yeeunlee yang membuat "Cewe jelek jadi cantik" dan ditutup oleh "Story of a Broken Home Kid" dari Azkacorbuzier.

Dalam kategori tersebut, posisi pertama ditempati oleh video audisi Boby Berliandika yang menyanyikan Mirasantika dari Rhoma Irama di X Factor Indonesia 2015. Posisi kedua ditempati Clash of Clans: Revenge (Official Superbowl TV Commercial). 

Video audisi X Factor lain dari Yudi Suryono yang membawakan Gloomy Sunday dari Billie Holiday berada di peringkat kelima.

Sementara kisah romantis Nicholas Saputra dan Mariana Renata yang digarap Line Indonesia dalam "Nic & Mar Ep.1 "Bonjour Paris" ada di posisi kedelapan.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015