counter

Bali daerah percontohan energi terbarukan tingkat dunia

Bali daerah percontohan energi terbarukan tingkat dunia

Dokumentasi petugas mengisi Liquified Natural Gas (LNG) dari Plant 26 di area kilang LNG Badak, bontang, Kalimantan Timur, Rabu (28/10). (ANTARA FOTO/Rivan Lingga)

... hotel-hotel yang sering memakai sumber listrik skala kecil berbahan solar akan dapat menghemat pengeluaran selain juga dapat membantu mengkampanyekan energi bersih terbarukan...
Denpasar (ANTARA News) - Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Prof Dr IGN Wiratmaja Puja, mengatakan, Provinsi Bali akan dijadikan sebagai daerah percontohan penggunaan energi terbarukan tingkat dunia.

"Penggunaan energi bersih terbarukan yang ramah lingkungan sangat diperlukan di masa depan untuk mengantisipasi berbagai hal, salah satunya pemanasan global," kata Puja, di Denpasar, Kamis.

Ia menjelaskan, program tersebut akan dimulai pada akhir Januari 2016 mendatang, dimana Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di Pesanggaran akan dipakai sebagai salah satu percontohan terkait kelistrikan di Pulau Dewata.

"Pesanggaran selama ini menggunakan diesel dan akan dialihkan menggunakan gas berasal dari terminal gas alam cair (LNG) di Bontang, Kalimantan Timur," katanya.

Mengenai izin dan kerja sama, kata dia, sudah selesai semua dan pemerintah daerah Bali sangat mendukung. "Ini juga untuk kemajuan Bali nantinya," kata dia.

Ia memaparkan, LNG dari Bontang dibawa ke Bali melalui Pelabuhan Benoa menggunakan kapal khusus. 

"Kapalnya sedang dalam pengerjaan proses akhir di Korea dan diperkirakan pada akhir Januari sudah dapat beroperasi," kata dia sembari menambahkan LNG dari kapal khusus tersebut akan disalurkan melalui pipa gas menuju PLTG Pesanggaran yang sudah terpasang sejak beberapa waktu lalu.

Dikatakan, program unggulan energi terbarukan itu diklaim dapat menghemat penggunaan biaya bahan bakar mencapai empat triliun rupiah setiap tahun untuk kebutuhan PLTG.

"Selain itu, juga dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih karena tidak mengeluarkan polusi udara berlebihan sehingga sangat sesuai dengan konsep penggunaan energi masa depan," katanya.

Bukan hanya itu saja, pihaknya berencana akan memperpanjang pipa LNG ke wilayah Kuta, Sanur dan Nusa Dua untuk penggunaan energi sektor pariwisata.

"Jadi, hotel-hotel yang sering memakai sumber listrik skala kecil berbahan solar akan dapat menghemat pengeluaran selain juga dapat membantu mengkampanyekan energi bersih terbarukan," kata dia. 

Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar