Selain diikuti pelari nasional, lomba ini juga diikuti 500 peserta umum dari unsur TNI dan Polri di daerah ini termasuk pelari lokal Sulut
Manado (ANTARA News) - Sebanyak 20 pelari nasional mengikuti lomba "Marathon Christmas 10K" yang digelar di Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Sabtu (12/12).

"Selain diikuti pelari nasional, lomba ini juga diikuti 500 peserta umum dari unsur TNI dan Polri di daerah ini termasuk pelari lokal Sulut," kata Ketua Umum Panitia Mieke Tumurang di Manado, Jumat.

Tidak ketinggalan, kata Ketua Kawanua se-Dunia (KSD) ini, ada kategori lomba khusus pelajar "Marathon Christmas 5K" yang akan diikuti sebanyak 10 ribu peserta dari 15 kabupaten/kota di provinsi ini.

"Lomba ini mengusung tema 'Mari Jo Ka Manado' (marilah ke Manado) mendukung program pemerintah daerah mendatangkan wisatawan ke daerah ini," katanya.

Event yang pertama kali digelar ini akan memperebutkan total hadiah senilai Rp210 juta, juara putra/putri menerima uang pembinaan Rp20 juta, sedangkan juara tingkat pelajar menerima uang pembinaan Rp3 juta, lomba ini memperebutkan trophy bergilir Penjabat Gubernur Sulut Soni Sumarsono.

Pelari nasional yang akan ikut, kata dia, Agus Prayogo (Jabar) merupakan peraih medali emas SEA Games Singapura dan juara satu "Tomohon Linow Lake 10K" yang digelar tahun ini, Atjong Tio Purwanto (Jatim), Ridwan (NTB) Jauhari Johan (Sumsel) dan Nur Shodiq (DIY).

Sedangkan di nomor putri diikuti Rini Budiarti (DKI) peraih tiga medali emas SEA Games Palembang (Indonesia), Myanmar dan Singapura, Odekta (DKI), Yanitasari (Riau), Novita (Jateng) dan Raquel (Jabar).

Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Siswa Rachmat Mokodongan mengatakan tujuan dari kegiatan ini selain berolahraga juga memperkenalkan destinasi wisata dan rekreasi di Kota Manado. Hal ini sejalan ini dengan program Pemprov Sulut dengan slogan "Mari Jo Ka Manado".

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015