Jakarta (ANTARA News) - Tidak hanya sistem operasi Android, laporan Trend Micro Q3 2015 menungkap bahwa platform iOS juga rentan dari ancaman malware.

"iOS selama ini menyatakan paling aman karena mengusung close platform sehingga dapat mengontrol semua, tapi ternyata ada kerentanan di Xcode," kata Andreas Kagawa, Country Manager, kepada ANTARA News, Jumat.

Xcode adalah development tools untuk para programmer yang ingin membuat aplikasi di iOS. Sementara itu, Andreas mengatakan bahwa hackers menemukan kerentanan di Xcode.

"Hackers memasukkan malware di Xcode yang biasa disebut Xcode Ghost. Xcode tersebut dipalsukan, padahal Xcode dipakai banyak developer untuk membangun aplikasi," ujar Andreas. "Bahkan gara-gara Xcode tersebut terdapat ratusan ribu aplikasi yang ditarik dari App Store."

Lebih lanjut, Andreas mengatakan saat iOS terserang malware, akan lebih berbahaya dibandingkan dengan Android.

"Android biasanya menyerang baterai yang bertujuan untuk merusak smartphone, tapi di iOS dapat mencuri data. Bayangkan pengguna menggunakan iPhone untuk corporate data, data akan tercuri," kata Andreas.

Sementara itu, pada sistem operasi Android, Andreas menyebutkan ditemukan kerentanan pada Media Server.

Media Server merupakan program dalam Android yang memungkinkan pemilik smartphone berbagi file video, musik, gambar ke perangkat lain seperti smartTv, Xbox dan PS.

"Ternyata Media Server ditemukan kerentanan. Media Server bisa menipu pemilik smartphone untuk menginstal program yang justru ternyata merupakan software yang berbahaya," ujar Andreas.



Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015