Jakarta (ANTARA News) - Tim Indonesia untuk matematika SMP menyabet lima medali emas, enam medali perak, dan sembilan medali perunggu di ajang International Teenagers Mathematics Olympiad (ITMO) 2015 pada tanggal 10-14 Desember 2015 di Sungai Petani, Kedah, Malaysia.

"Kompetisi Internasional diikuti oleh 160 peserta yg terbagi menjadi 40 tim dari 11 negara, yakni Bulgaria, Indonesia, Khazakstan, Malaysia, Nepal, Phillipina, Rusia, Srilanka, Taiwan, Thailand, dan Vietnam," kata Direktur Pembinaan SMP Supriano saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Para peserta mendapatkan dua tes yang meliputi individual test and team contest. Semua peserta harus berpartisipasi dalam kedua tes tersebut.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama mengirimkam sebanyak 15 pelajar yang berasal dari peraih medali emas, perak dan perunggu Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Nasional tahun 2015 di Palu, Sulawesi Tengah.

Mereka dibina dan diberikan pembekalan oleh Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Bogor, Jawa Barat selama 6 minggu. Mereka mendapat pelatihan secara intensif antara lain: materi matematika, pendidikan spiritual, pendidikan jasmani dan rohani, pendidikan karakter yang menekankan pada kekeluargaan, dan rekreasi, kata Supriano.

Para peserta yang memperoleh lima medali emas pada ITMO 2015 yakni untuk kategori individual test Irfan Urane Azis (SMPN 2 Depok, Jawa Barat); Hardyansel Kesuma (SMPK St. John, Banten); Valentino Dante T (SMPK Petra 3, Jawa Timur); Claudeon Reinard S. (SMP PL Domenico Savio, Jawa Tengah) dan kategori group award mendapatkan medali emas yakni Tim INA C (Irfan Urane Azis, Hardyansel Kesuma, Lucia Tirta Gunawan, Radian).

Pewarta: Zita Meirina
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015