Pada prinsipnya memiliki kemampuan untuk melintasi rintangan berupa apa saja di sekitar lingkungan mulai dari batu hingga tembok beton,"
Palembang (ANTARA News) - Seni gerak badan parkour yakni olahraga yang melatih ketangkasan berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain sekarang mulai dimasyarakatkan di Palembang.

Olahraga parkour yang sangat bermanfaat bagi kebugaran tubuh ini juga bertujuan untuk melatih kemampuan mengatasi rintangan dalam situasi yang tak terduga menggunakan ketahanan tubuh, kata koordinator Parkour Palembang, Dwi Kurniawan, Senin.

Dijelaskannya, Parkour sendiri selain merupakan seni gerak badan melatih seseorang berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan berlari dan meloncat secara cepat, tepat dan efisien juga menggunakan prinsip dasar kemampuan dan ketahanan tubuh.

"Pada prinsipnya memiliki kemampuan untuk melintasi rintangan berupa apa saja di sekitar lingkungan mulai dari batu hingga tembok beton," kata dia.

Sementara, para atlet sebelum melakukan gerakan Parkour diwajibkan terlebih dahulu melakukan pemanasan khususnya perenggangan kaki dan tangan.

Hal itu dilakukan dengan tujuan agar tidak terjadi cedera serius, seperti dilakukan olah sekelompok anak muda yang tergabung dalam komunitas Parkour Palembang sejak tahun 2008.

Menurut dia, pada dasarnya Parkour melatih seseorang menghadapi situasi tak terduga, misalnya kebakaran atau bencana alam lainnya, maka seni gerak badan inilah melatih untuk melompat dan berlari dari tempat tinggi ke tempat lebih rendah menggunakan media ada di sekitar mereka.

Untuk melakukan gerakan-gerakan Parkour ada proses tahapan dan waktu, setidaknya paling cepat butuh waktu minimal satu tahun dan itupun dipandu oleh instruktur lebih ahli, katanya.

Ia mengaku, tidak sulit mempelajari Parkour karena belajar dari dasar dan diperlukan juga ketelatenan yang melatih ketahanan fisik secara bertahap sampai nanti dapat beradaptasi sendiri.

Lebih lanjut Dwi Kurniawan menjelaskan bagi kaum muda khususnya di Kota Palembang, seni gerak badan Parkour memberikan banyak manfaat selain menjadi kegiatan sangat positif untuk menghindari maraknya penyalahgunaan narkoba saat ini.

"Para pemuda tersebut terlatih secara fisik menjaga kebugaran tubuh dan keselamatan, apalagi dengan kemampuan yang dimiliki mereka dapat digunakan membantu orang lain yang mengalami kesulitan," katanya.

Sementara, Jaka Arianto, anggota Parkour Palembang mengatakan bahwa pada awalnya ingin mencoba-coba, ternyata sangat bermanfaat karena selalu membuat tubuh segar dan bugar.

Pewarta: Evan/Suparni
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015