Pontianak (ANTARA News) - Tim pencarian korban longboat yang tenggelam setelah menabrak balok kayu di Sungai Kubu, Minggu (13/12) sudah menemukan 12 korban meninggal atau tinggal dua korban lagi yang belum ditemukan, kata Kabid Humas Polda Kalbar, AKBP Arianto.

"Pada hari kejadian tim menemukan empat korban meninggal, kemudian Senin (14/12) atau hari kedua mulai sore dan malam hari menemukan empat korban, dan pagi ini empat korban lagi yang ditemukan atau totalnya 12 korban yang ditemukan dalam keadaan meninggal," kata Arianto saat dihubungi di Pontianak, Selasa.

Ia menjelaskan, semua korban yang ditemukan rata-rata sudah dalam keadaan mengapung (tidak bernyawa). "Saat ini radius pencarian diperpanjang hingga tiga kilometer dari tempat kejadian perkara, yakni di kawasan Olak-olak Pinang," ungkapnya.

Kabid Humas Polda Kalbar menambahkan, ada ratusan personil polisi, Basarnas dan instansi terkait lainnya yang dikerahkan dalam pencarian korban longboat tersebut.

Menurut dia, hingga saat ini baru lima korban yang sudah terindifikasi yang semuanya asal Padang Tikar, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya, yakni Siti Kamilia (40), Nurimah (50), Sahara (40), dan Azwan (7 bulan), Seng Seng (5).

Sementara itu, sembilan nama yang masuk daftar korban longboat yang sudah ditemukan tetepi belum terindifikasi, dan yang belum ditemukan, yakni Aling (27), Fati (5), Kapi (9), Maidin (45), Tama (60), Nella Sari Ayu (21), Tia (10), Ipin (6), dan Dimas belum diketahui identitasnya.

Dalam kesempatan itu, Arianto menambahkan untuk status pengemudi longboat "maut" Jainudin (34) sudah ditetapkan sebagai tersangka, karena longboat tersebut berlayar tidak dilengkapi surat persetujuan berlayar dan tidak dilengkapi alat keselamatan.

Tersangka melanggar pasal 323 ayat (3), UU No. 17/2008 tentang Pelayaran, dan atau pasal 359 KUHP. Saat ini tersangka sudah diamankan di Ditpolair Polda Kalbar, sambil menjalani pemeriksaan, katanya.

Kronologis kejadian hingga longboat Indo Kapuas Expres terbalik, yakni Minggu (13/12) sekitar pukul 08.00 WIB longboat tersebut menabrak kayu balok sehingga terbalik di sekitar Olak-olak Pinang, Kecamatan Kubu.

Longboat tersebut jurusan Padang Tikar, Kecamatan Batu Ampar. Rencananya dari Batu Ampar itu mau menuju Kecamatan Rasau Jaya dengan jumlah penumpang yang tercatat sebanyak 39 orang, namun ternyata yang tidak tercatat ada sekitar 10 orang lagi.

Pewarta: Andilala
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015