Yang pasti bukan sanksi ringan, karena kemarin sudah ringan
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan Junimart Girsang memastikan, sanksi yang akan diterima Ketua DPR RI Setya Novanto dalam kasus PT Freeport, tidak ringan.

Menurut Junimart, Novanto telah menerima sanksi ringan dalam kasus pertemuan dengan pebisnis AS Donald Trump, sehingga kali ini sanksinya tidak boleh sama.

"Yang pasti bukan sanksi ringan, karena kemarin sudah ringan. Dalam aturan tidak diatur akumulasi," jelas Junimart di gedung parlemen, Jakarta, Selasa.

Mahkamah Kehormatan Dewan sudah menjanjikan kepada publik akan mengeluarkan putusan atas kasus Novanto, Rabu (16/12). Mahkamah merasa keterangan saksi sudah cukup untuk mengambil keputusan.

Baca juga : Presiden minta MKD dengarkan suara publik

Junimart mengatakan Novanto tidak layak diberi sanksi ringan karena ia terbukti bertemu dengan bos PT Freeport berkaitan renegosiasi perpanjangan kontrak.

Pertemuan itu, kata dia, sudah jelas sebuah pelanggaran.

"Saya sendiri sudah menyiapkan putusan," kata Junimart.

Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) sejak Rabu (2/12) telah menggelar persidangan untuk membuktikan dugaan pelanggaran kode etik Ketua DPR RI dengan memanggil sejumlah pihak antara lain Menteri ESDM Sudirman Said, pengusaha Riza Chalid, bos Freeport Maroef Sjamsuddin, Ketua DPR RI Setya Novanto serta Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan.

Dari sederet nama itu, hanya Riza Chalid yang tidak memenuhi undangan MKD.

Meskipun belum memeriksa Riza Chalid, MKD memutuskan tetap akan mengeluarkan putusan terhadap Novanto Rabu besok.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015