Los Angeles (ANTARA News) - Pencipta Star Wars mendapat standing ovation atau tepuk tangan sambil berdiri dari para hadirin sebagai pujian saat premiere atau penayangan perdana The Force Awakens di Hollywood, Los Angeles, Senin.

Lucas duduk di sebelah teman lama sesama sutradara, Steven Spielberg.

"Tidak satupun dari kita hadir di sini kalau tidak karena ciptaan yang sangat ajaib dari orang ini. George Lucas, dengan segenap hati, atas nama semua orang yang terlibat dalam 'Star Wars: The Force Awakens', terima kasih," kata sutradara film tersebut, J.J. Abrams.

Film itu berlatar 30 tahun setelah kisah "Return of the Jedi" yang diluncurkan tahun 1983.  Pemeran-pemeran lama masih tampil yaitu Han Solo  (Harrison Ford), Leia Organa (Carrie Fisher), dan Luke Skywalker (Mark Hamill).

Sosok Skywalker sengaja tidak ditampilkan dalam promo film agar tidak ada bocoran untuk petunjuk jalan cerita.

Lucas menjual Star Wars ke Disney tahun 2012 seharga 4,05 miliar dolar AS. The Force Awakens adalah yang pertama dari trilogi terbaru.

Sementara itu, Mark Hamill dalam penayangan perdana itu kepada wartawan mengingatkan film baru itu tidak seperti yang dibayangkan para fans setia Star Wars.

"Ini sekadar film, anda akan kecewa jika mengira film ini akan menghadirkan masa kecilmu," kata Hamill.

Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015