counter

Pasar saham utama Eropa menguat

London (ANTARA News) - Pasar saham utama Eropa menguat pada Selasa, dibantu oleh harga minyak yang lebih stabil dan meningkatnya sentimen investor Jerman, menjelang keputusan Federal Reserve AS yang diperkirakan akan menaikkan suku bunganya.

Bank sentral AS memulai pertemuan kebijakan dua hari pada Selasa dengan perkiraan bahwa The Fed pada akhir pertemuannya akan melakukan kenaikan pertama biaya pinjaman sejak 2006.

"Pasar Eropa saat ini sedang mencoba menghentikan penurunan delapan sesi beruntun menjelang keputusan suku bunga Fed," kata analis James Hughes dari perusahaan perdagangan GKFX seperti dilansir AFP.

"Hari ini ... jeda singkat dalam penurunan minyak telah memberikan investor kesempatan untuk mengambil indeks Eropa kembali ke tingkat nilai mereka sebenarnya menjelang pengumuman besok."

Di zona euro, pasar saham Frankfurt dan Paris melonjak menjadi ditutup lebih dari tiga persen lebih tinggi, sementara saham London berakhir naik 2,45 persen.

Indeks DAX 30 di Frankfurt naik 3,07 persen menjadi berakhir di 10.450 poin, indeks CAC 40 di Paris bertambah 3,16 persen menjadi 4.614 poin.

Sementara itu, indeks FTSE 100 di London ditutup naik 2,45 persen menjadi 6.017 poin.

Pasar utama Eropa turun tajam pada Senin, dengan London mencapai tingkat terendah 2012 karena kegelisahan atas kejatuhan harga minyak dan potensi kenaikan suku bunga di ekonomi terbesar dunia.

"Indeks-indeks Eropa terlihat rebound secara agresif pada Selasa, bertujuan meraih kembali semua kerugian yang didorong komoditas pada Senin," kata analis Connor Campbell dari perusahaan perdagangan Spreadex.

Dia menambahkan bahwa ekuitas Frankfurt telah melonjak juga karena "angka sentimen ZEW Jerman yang lebih baik dari perkiraan".

Sentimen investor di Jerman naik untuk bulan kedua berturut-turut pada Desember, di tengah kepercayaan di ekonomi terbesar Eropa naik cukup kuat untuk menahan krisis pengungsi dan pelambatan ekonomi di Tiongkok, sebuah survei terkemuka menunjukkan.

Indeks kepercayaan investor yang dihitung oleh lembaga ekonomi ZEW naik menjadi 16,1 poin dari 10,4 poin sebulan sebelumnya.

(Uu.A026)

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar