Jakarta (ANTARA News) - Kaskus, komunitas online pertama dan terbesar di Indonesia, menghadirkan fitur KasAds dan KasPay untuk mendukung identitasnya sebagai social commerce platform.

"Untuk memperkuat identitas sebagai social media platform,kami terus melakukan improvisasi serta inovasi dalam fitur-fitur yang ditawarkan seperti kehadiran KasAds dan KasPay yang dapat digunakan oleh seluruh Kaskuser, kata Chief Marketing Officer Kaskus, Ronny W Sugiadha, di Jakarta, Rabu.

"Tentunya didukung juga oleh fitur jual beli lainnya dan juga premium membership KASKUS Plus," kata dia. 

Dia menjelaskan, KasAds menawarkan pemasangan iklan berupa teks atau gambar khusus untuk Kaskuser di Forum atau Forum Jual Beli (FJB) yang akan ditampilkan setelah thread pertama. 

Kaskuser dapat menggunakan KasAds dengan mudah dan mengatur sendiri gambar dan teks serta fleksibel untuk menentukan dana dengan terlebih dahulu menaruh sejumlah nominal di BranKas maupun penempatan iklan di halaman forum yang diinginkan. 

Budget pemasangan KasAds akan dihitung sesuai dengan impressionatau klik yang dilakukan terhadap iklan tersebut oleh Kaskuser lain.

"KasAds ini seperti iklan baris," ujar dia.

Sementara KasPay, lanjutnya, merupakan sistem pembayaran online secara resmi yang dikelola PT. Darta Media Indonesia dimana proses transaksi KasPay seperti e-wallet. 

Pengguna diminta untuk melakukan transfer ke virtual account (Top Up Realtime) dan dana dapat digunakan untuk bertransaksi di situs Kaskus dan situs-situs merchant yang telah berkerjasama dengan KasPay antara lain adalah KasAds, ESET Indonesia, e-pulsa, HargaHot, Tempo digital, serta Travelicious.co.id.

"E-wallet seperti tabungan. Sistem pembayaran ini tidak hanya bisa dipakai di Kaskus," jelas Ronny.

Menurut dia, kehadiran KasAds dan KasPay yang terus diimprovisasi merupakan bentuk komitmen kami dalam meningkatkan keamanan dan memberikan fleksibilitas bagi Kaskuser atas aktivitas maupun proses jual beli yang dilakukan. 

"Kami ingin memberikan pelayanan yang prima sebagai social commerce platform. Untuk mendukung aktivitas Jual Beli, Kaskus juga mengeluarkan fitur baru seperti BranKas yang menjembatani proses pembayaran antara penjual dan pembeli, Verified seller, merchant dashboard dan juga feedback system," tutur Ronny.

"Ke depannya, kami ingin selalu membuat Kaskuser merasa nyaman bersosialisasi juga membuat penjual dan pembeli lebih merasa aman serta nyaman bertransaksi di Kaskus," katanya. 

Pewarta: Monalisa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015