Serang (ANTARA News) - Ratu Tatu Chasanah yang juga adik Mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah terpilih menjadi Bupati Serang periode lima tahun mendatang.

Hasil pleno KPU Kabupaten Serang, di Serang, Rabu, menyatakan pasangan calon Bupati dan Wakil bupati Serang nomor urut satu yakni Ratu Tatu Chasanah dengan Panji Tirtayasan memperoleh 319.696 suara atau sekitar 60,52 persen.

Sedangkan pesaingnya pasangan calon nomor urut dua Ahmad Syarif Madkurulah dengan Aef Saefullah, mendapatkan 208.558 suara atau 39,48 persen dari jumlah total suara 528.254 suara.

"Hasil rekapitulasi suara dari 29 PPK di Kabupaten Serang, pasangan calon nomor urut satu mendapatkan suara terbanyak," kata Ketua KPU Kabupaten Serang Muhamad Nasehudin.

Ia mengatakan, dalam proses pilkada serentak di Kabupaten Serang tingkat partisipasi masyarakat hanya sekitar 50,36 persen.

"Sebenarnya kita gencar lakukan sosialisasi. Hanya saja memang masyarakat ada keengganan untuk datang ke TPS," kata Nasehudin.

Menurutnya, KPU sudah berupaya maksimal melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui berbagai media. Sehingga masyarakat mayoritas sebenarnya sudah tahu ada Pilkada serentak pada 9 Desember 2015 lalu.

"Yang jadi persoalan, mereka enggan ke TPS salah satu penyebabnya mungkin masyarakat mengharapkan sesuatu seperti sebelum-sebelumnya," katanya.

Dengan demikian, kata dia, membutuhkan pendidikan politik yang baik bagi masyarakat yang harus dilakukan semua elemen terutama partai politik.

Ketua Panwas Kabupaten Serang Sabihis mengatakan, selama proses pemungutan dan penghitungan suara di Pilkada Kabupaten Serang, tidak ada laporan atau dugaan pelanggaran yang dilakukan masing-masing pasangan calon, kecuali ada kesalahan-kesalahan administratif dari penyelenggara.

"Kami tidak menemukan atau tidak menerima laporan pelanggaran selama proses pungut hitung. Hanya saja pada masa kampanye ada sekitar enam laporan yang masuk dan itu sudah ditindaklanjuti," kata Sabihis.

Pilkada serentak di Kabupaten Serang, Provinsi Banten diikuti dua pasangan calon yakni Ratu Tatu Chasanak dan Panji Tirtayasa yang diusung sejumlah partai besar seperti Golkar, PDI-P, Demokrat, PKS dan sejumlah partai lainnya. Sementara pasangan nomor urut dua Ahmad Syarif Madzkurulah dengan Aef Saefullah diusung Partai Hanura dan Gerindra.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015